4 Perawatan di Klinik Gigi Ini Dapat Membuat Gigi Lebih Putih dan Bersih!

23/09/2022by adminArtikel

4 Perawatan di Klinik Gigi Ini Dapat Membuat Gigi Lebih Putih dan Bersih!

23/09/2022 by admin
beautiful-smile-young-woman-white-teeth-1200x800.jpg

Klinik gigi merupakan tempat yang dipercaya masyarakat untuk melakukan pengobatan hingga perawatan seputar masalah gigi. Tak hanya untuk mengobati masalah gigi, Anda juga dapat melakukan perawatan secara berkala di klinik gigi. Perawatan pada gigi, tak hanya dapat membuat gigi tampak lebih sehat, tetapi juga dapat membuat gigi lebih bersih. Sehingga, membuat penampilan Anda semakin menarik. Ada beberapa perawatan gigi yang bisa Anda lakukan di klinik gigi untuk membuat gigi menjadi lebih putih dan bersih. Apa saja perawatan tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Faktor yang menyebabkan gigi rusak dan menguning

Salah satu masalah gigi yang paling sering terjadi pada anak-anak, dewasa, hingga lansia adalah gigi rusak hingga gigi kuning. Meskipun bukanlah masalah serius pada gigi, namun gigi yang rusak dan menguning dapat menimbulkan masalah gigi lainnya. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga kebersihan gigi dengan mengenal beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak dan menguning. Menurut penuturan drg. Ruby Kusnadi menyebutkan bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan lapisan enamel pada gigi menjadi menipis, hingga membuat lapisan dentin berwarna kuning pada gigi dapat terlihat. Biasanya, kaitannya sangat erat dengan gaya hidup dan juga kebersihan. Secara umum, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan gigi menjadi menguning hingga rusak.

  • Sering mengonsumsi teh, kopi, hingga minuman bersoda

Beberapa minuman tersebut memiliki kandungan kromogen/zat warna yang dapat meninggalkan noda pada enamel gigi.

  • Kebiasaan merokok

Merokok menjadi kebiasaan yang dapat merusak dan membuat gigi menjadi menguning. Kandungan nikotin dan tar dalam rokok dapat membuat gigi kuning dalam waktu yang singkat.

  • Sering mengonsumsi permen

Konsumsi permen secara berlebihan dan terus-menerus dapat menyebabkan gigi tampak menguning. Ini terjadi akibat noda ringan yang ditinggalkan permen di lapisan gigi. Lama kelamaan, dapat mengikis lapisan enamel di gigi.

  • Jarang menyikat gigi

Kebiasaan menyikat gigi sangat penting bagi kebersihan area gigi. Karena, sisa-sisa makanan pada gigi dapat membuat gigi berubah menjadi warna kuning. Jarang menyikat gigi dapat membuat gigi Anda cepat rusak dan menguning.

  • Menyikat gigi dengan terlalu keras

Beberapa orang berpikir dengan menyikat gigi dengan keras dapat membuat gigi menjadi bersih dan putih kembali. Nyatanya, menyikat gigi terlalu keras justru dapat mengekspos lapisan dentil yang berwarna kuning muncul di area gigi.

Perawatan gigi dari rumah

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat gigi tampak sehat dan putih bersih adalah dengan melakukan serangkaian perawatan di rumah. Tak harus mahal, sejatinya perawatan di rumah dapat Anda lakukan dengan mengubah gaya hidup, lebih rajin membersihkan gigi, mengonsumsi makanan sehat, dan teratur memerhatikan kondisi gigi. Berikut adalah beberapa perawatan di rumah untuk membuat gigi tampak berkilau dan lebih sehat.

  • Menggosok gigi dua kali sehari, pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride, dan pilih sikat gigi yang lembut
  • Rajin mengonsumsi sayur dan buah, terutama buah yang mengandung asam malat yang memiliki zat alami memutihkan gigi
  • Kurangi konsumsi kopi, permen, dan alkohol
  • Rajin flossing atau membersihkan noda yang tertinggal di area gigi
  • Batasi makanan mengandung kadar gula tinggi
  • Berhenti atau setidaknya kurangi kebiasaan merokok

Selain beberapa perawatan di atas, drg. Ruby Kusnadi juga menyarankan agar kita melakukan kunjungan ke dokter setidaknya 6 bulan sekali. Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga sekaligus mencegah muncul masalah pada gigi.

Perawatan di klinik untuk memutihkan gigi

Jika Anda ingin mendapatkan gigi bersih dan putih secara cepat dan instan, ada beberapa perawatan di klinik gigi yang mungkin bisa Anda lakukan, seperti:

  • Bleaching

Perawatan gigi ini memanfaatkan bahan pemutih gigi yang cukup aman dan minim risiko. Namun, sebelum melakukan bleaching, drg. Ruby Kusnadi menyarankan agar pasien berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

  • Dental bonding

Teknik perawatan dental bonding digunakan untuk memperbaiki gigi rusak, dan gigi yang sudah menguning. Dibandingkan dengan bleaching, dental bonding ini merupakan prosedur yang lebih sederhana.

  • Crown

Pemasangan gigi crown umumnya memang dilakukan untuk mengatasi gigi yang rusak. Namun, teknik perawatan ini juga bisa Anda pilih untuk mengatasi gigi rusak dan menguning.

  • Veneer

Perawatan yang satu ini banyak digandrungi oleh para artis ibu kota. Teknik veneer dilakukan dengan cara menempelkan veneer yang terbuat dari porselen atau resin secara permanen di bagian depan gigi. Namun, perawatan ini juga tidak bisa dilakukan pada semua orang, sehingga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca juga: Punya Masalah Gigi? Yuk Berobat dengan Dokter Spesialis Gigi di KL Klinik

Mengapa harus di KL Klinik?

Sejatinya semua perawatan dan pengobatan gigi harus Anda lakukan di tempat yang aman dan terpercaya. Salah satu klinik yang menawarkan fasilitas lengkap dengan dokter gigi professional dan berpengalaman adalah KL Klinik. Dengan menawarkan fasilitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan pasien, poli gigi KL Klinik dapat mewujudkan gigi sehat sesuai dengan yang Anda inginkan, tanpa harus khawatir mengenai kenyamanan dan keamanan dari layanan yang ada.  Untuk melakukan pendaftaran di poli gigi, KL Klinik silakan langsung menghubungi customer service kami dengan cara klik di sini!


Download Apps
KL Klinik



Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?