Berita Terbaru


Ukuran-Kacamata-Sering-Berubah-Bisa-Jadi-Gejala-Katarak-1200x800.webp

Katarak merupakan gangguan mata yang cukup berbahaya. Bahkan, menurut data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan terbesar di Indonesia, dengan prevalensi angka mencapai 81% dari total kebutaan yang terjadi. Mengutip dari Mayo Clinic, katarak terjadi pada lensa mata, sehingga menimbulkan pandangan yang kabur dan membuat penderitanya kesulitan untuk membaca, berkendara, hingga melihat objek di sekitarnya. Meskipun katarak identik dengan penyakit degeneratif pada lansia. Namun, tak memungkiri katarak juga bisa terjadi pada orang dewasa di bawah umur 40 tahun.

Gejala pada katarak

Kebanyakan gejala katarak biasanya sulit untuk dideteksi pada tahap awal karena bisa muncul secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus waspada jika mulai mengalami masalah penglihatan seperti;

  • Penglihatan meredup atau kabur, seperti berkabut atau berasap
  • Sulit melihat di malam hari
  • Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Muncul penglihatan ganda
  • Penglihatan menjadi menguning

Selain gejala di atas, penderita katarak juga umumnya sering berganti ukuran kacamata. Hal ini disebabkan oleh perubahan bentuk lensa pada katarak, sehingga ukuran kacamata akan berubah-ubah seiring berkembangnya katarak. Tak jarang, penderita katarak juga mengalami peningkatan penglihatan yang jernih, sebelum akhirnya katarak berkembang menjadi lebih buruk.

Penyebab katarak

Sebagai negara yang beriklim tropis dengan paparan sinar matahari hampir sepanjang tahun, sinar yang ditimbulkan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya katarak pada beberapa orang. Lapisan ozon yang menipis membuat paparan ultraviolet mengenai mata, sehingga membuat lensa mata menjadi keruh. Lensa mata yang menjadi keruh inilah yang memicu timbulnya katarak. Selain faktor lingkungan, ada beberapa penyebab dari katarak yang harus diwaspadai, di antaranya:

  • Proses penuaan

Seiring bertambahnya usia, protein dan sel-sel mati yang ada pada lensa akan menumpuk dan membentuk gumpalan. Sehingga menimbulkan katarak.

  • Diabetes

Meningkatnya kadar gula di dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah, termasuk di area mata. Rusaknya pembuluh darah serta tingginya kadar gula dalam lensa inilah yang dapat memicu katarak.

  • Adanya trauma pada area mata

Cedera atau trauma yang terjadi pada area sekitar mata juga dapat menimbulkan munculnya katarak, seperti benturan, tusukan, atau kecelakaan.

  • Kebiasaan merokok

Merokok mengurangi aliran darah ke mata dan meningkatkan penyerapan zat beracun, sehingga dapat menyebabkan gangguan mata, termasuk katarak.

  • Akibat bawaan sejak lahir

Katarak juga bisa muncul akibat genetik atau bawaan lahir. Umumnya, bayi yang terlahir dengan katarak tidak dapat melihat dengan normal, dan kesulitan mengontrol matanya dengan benar.

Cara mencegah katarak

Meskipun tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa katarak bisa dicegah, namun beberapa pakar kesehatan menyebutkan ada beberapa cara untuk mendeteksi katarak sejak dini agar tak bertambah buruk, di antaranya dengan;

  • Melakukan pemeriksaan mata secara rutin
  • Berhenti merokok
  • Jika Anda penderita diabetes, sebaiknya lakukan pengobatan secara menyeluruh
  • Memakai kacamata ketika berada di luar ruangan, terutama siang hari
Mengenal pengobatan katarak

Meskipun berbahaya, katarak sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan operasi, baik secara tradisional maupun dengan bantuan laser. Operasi katarak sendiri merupakan prosedur yang cukup efektif dan minim risiko untuk mengatasi katarak secara menyeluruh. Selain operasi, penggunaan kacamata khusus dan obat tetes juga umum dilakukan untuk mengatasi katarak yang belum terlalu parah.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Checkup Mata

KL Klinik, solusi pengobatan katarak di Jakarta

Poli Mata KL KLINIK menjadi solusi bagi Anda dengan masalah mata seperti katarak, glaukoma, gangguan refraksi (pandangan dekat/jauh yang buram), masalah retina, atau untuk sekedar checkup mata rutin. Poli Mata KL KLINIK menjadi salah satu klinik mata ternama di Jakarta Barat sekaligus menjadi katarak center. Operasi katarak yang dilakukan KL KLINIK dapat dikerjakan dan pasien dapat pulang ke rumah di hari yang sama, dikarenakan menggunakan teknologi alat modern dan staf yang ahli sehingga sangat aman dan nyaman untuk pasien serta pasien dapat langsung pulang ke rumah.

Untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan pada masalah katarak di Poli Mata KL Klinik, silakan untuk menghubungi admin klinik dengan cara klik di sini!

07/Dec/2022
Bahaya-Gigi-Berlubang-yang-Dibiarkan-1200x800.jpg

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah paling umum yang sering dialami oleh anak-anak, namun tak dapat dipungkiri gigi berlubang juga dapat terjadi orang dewasa hingga lansia. Kondisi ini terjadi ketika gigi rusak akibat terkikisnya lapisan luar gigi (enamel) akibat bakteri. Tak hanya dapat mengganggu penampilan, gigi berlubang juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika dibiarkan. Sayangnya, banyak masyarakat yang abai mengenai masalah ini.

Kebiasaan buruk yang menyebabkan gigi berlubang

Mengutip dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa cativies atau gigi berlubang awalnya muncul akibat plak yang menumpuk pada gigi. Seiring berjalannya waktu, plak atau kotoran di gigi tersebut diubah menjadi asam oleh bakteri alami yang ada di dalam mulut, sehingga menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Kondisi cavities atau gigi berlubang dapat terjadi pada siapa saja, namun ada beberapa orang yang berisiko mengalaminya di antaranya:

  • Orang yang jarang membersihkan atau menyikat gigi
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, seperti kue, es krim, dan minuman bersoda
  • Orang yang menderita gangguan makan seperti bumilia dan anoreksia juga rentan mengalami masalah gigi berlubang
  • Mereka yang berusia lanjut juga rentan mengalami gigi berlubang akibat melemahnya enamel pada gigi
  • Orang yang sering mengkonsumsi vitamin tertentu, suplemen, hingga obat-obatan juga rentan terkena masalah gigi berlubang
Bahaya gigi berlubang yang dibiarkan

Banyak masyarakat masih abai terhadap bahaya gigi berlubang, padahal jika dibiarkan, bakteri dan asam akan masuk ke dalam pulpa gigi (bagian gigi yang terdapat saraf sensitif dan pembuluh darah). Sehingga, dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Berikut adalah beberapa dampak bahaya jika gigi berlubang tidak segera diatasi;

  • Akan sering mengalami nyeri atau sakit gigi
  • Muncul abses gigi, terbentuknya kantung berisi nanah di dalam gigi dan gusi akibat infeksi bakteri
  • Bakteri di gigi dapat menyebar ke organ tubuh lain menyebabkan sinusitis hingga endokarditis (infeksi pada dinding dan katup jantung).
  • Dapat menyebabkan sepsis, di mana bakteri pada gigi masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan infeksi berat di seluruh tubuh. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dan komplikasi.
Cara mengatasi gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan masalah yang dapat diobati, bahkan saat ini sudah banyak metode yang dikembangkan khusus untuk mengatasi gigi berlubang. Meskipun begitu, pengobatan pada gigi berlubang sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi professional karena disesuaikan dengan tingkat keparahannya.

Berikut adalah beberapa metode umum yang digunakan untuk mengatasi gigi berlubang.

  • Fluoride treatment

Treatment ini dilakukan dengan menggunakan fluoride berbentuk cairan gel, atau busa dan mengoleskannya di area gigi berlubang. Namun, umumnya dokter memasang fluoride untuk melapisi gigi yang berlubang agar mencegah gigi berlubang bertambah buruk.

  • Filling

Tambal gigi atau filling ini merupakan tindakan atau treatment paling umum dilakukan untuk mengatasi masalah gigi berlubang.

  • Crown gigi

Pemasangan mahkota gigi di area gigi yang rusak atau dikenal dengan crown gigi. Metode ini biasanya digunakan pada kondisi gigi yang lemah atau sudah parah.

  • Root kanal

Perawatan saluran akar gigi (root kanal) akan dilakukan jika gigi berlubang sudah mencapai bagian akar gigi.

  • Cabut gigi

Jika kondisi gigi berlubang sudah sangat parah, maka prosedur pencabutan gigi biasanya akan dokter lakukan.

Baca juga: Perbaiki Senyum dengan Perawatan Dental Smile Design

Dental Studio KL Klinik

Dental Studio KL KLINIK menjawab permasalahan kebutuhan pelayanan gigi Anda. Dengan tenaga ahli dokter gigi terbaik di bidangnya serta alat modern untuk mengatasi permasalahan gigi.

Dengan dibantu oleh dokter dan perawat gigi untuk melakukan konsultasi, pemeriksaan, hingga tindakan yang tepat pada masalah gigi yang Anda alami. Menjadikan Dental Studio KL Klinik menjadi salah satu klinik terlengkap untuk mengatasi masalah gigi Anda serta keluarga.

Dengan Dental Studio KL KLINIK, semua masalah gigi mulut Anda akan kami tangani secara detail dan lengkap, sehingga anda dapat nyaman dalam perawatan gigi anda.

Untuk melakukan konsultasi, pemeriksaan, hingga tindakan terhadap masalah gigi, silakan menghubungi admin klinik dengan cara langsung klik di sini!

07/Dec/2022
Dermapen-Microneedle-Untuk-Atasi-Penuaan-Hingga-Kulit-Bopeng-1200x800.jpg

Dermapen microneedle merupakan salah satu perawatan yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Tindakan dermapen microneedle dilakukan dengan cara menusuk kulit wajah menggunakan jarum berukuran sangat kecil. Teknik ini dilakukan untuk merangsang produksi kolagen di dalam kulit. Sehingga efektif untuk mengatasi penuaan di area wajah, juga dapat menyemarkan luka bekas jerawat atau bopeng.

Penyebab kulit mengalami penuaan dini

Seiring berjalannya waktu, kondisi kulit seseorang bisa berubah karena faktor usia, seperti munculnya keriput hingga kulit yang mengendur.  Namun, tak jarang proses penuaan di area wajah juga dapat terjadi pada mereka yang masih berusia muda. Penuaan dini di area wajah dapat muncul bukan tanpa sebab. Mengutip dari Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa penyebab mengapa seseorang dapat mengalami penuaan dini di area wajah.

  • Terpapar sinar matahari secara berlebihan

Sinar matahari memang memiliki manfaat untuk kulit, namun jika terpapar sinar matahari berlebih kulit juga bisa rusak. Mengutip dari Cleveland clinic sinar ultraviolet dari matahari dapat membuat kulit seseorang lebih cepat menua.

  • Terpapar sinar handphone

Tak hanya berisiko menimbulkan kanker, sinar HEV (High Energy Visible) dan sinar infrared dari gawai juga dapat merusak pembentukan kolagen dan elastisitas kulit. Sehingga, kulit menjadi cepat mengalami penuaan dini.

  • Kebiasaan merokok

Kandungan dalam nikotin dapat mengubah sel-sel yang ada di dalam tubuh, termasuk memecah kolagen dan elastisitas dalam kulit. Sehingga membuat kulit menjadi cepat kendur dan keriput.

Selain beberapa faktor di atas, pola tidur yang tidak teratur, diet yang salah, hingga faktor stress juga dapat menyebabkan wajah seseorang mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Penyebab kulit bopeng

Selain penuaan dini, kulit bopeng juga menjadi masalah utama wajah yang membuat seseorang merasa tak percaya diri. Luka yang ditinggalkan jerawat bisa meninggalkan luka yang cukup dalam pada jaringan kulit, kondisi ini disebut dengan bopeng. Biasanya bopeng berbentuk cekung atau lekukan pada permukaan wajah. Meskipun jerawat sudah hilang, biasanya bopeng akan tetap membesar dan sulit untuk hilang. Berikut adalah beberapa penyebab munculnya bopeng pada wajah, di antaranya:

  • Kulit kurang memproduksi kolagen yang cukup, sehingga luka bekas jerawat bisa sangat lambat untuk sembuh.
  • Akibat peradangan yang terjadi akibat jerawat.
  • Selain karena jerawat, bopeng juga dapat terjadi akibat cacar air atau jatuh yang menimbulkan luka.
Solusi atasi penuaan dan bopeng pada wajah

Terkadang skincare saja tak akan mampu mengatasi masalah seperti penuaan dini dan bopeng pada wajah. Diperlukan treatment ekstra untuk membantu tubuh memproduksi kolagen yang cukup, seperti memperbaiki pola hidup hingga melakukan perawatan kecantikan seperti dermapen microneedling. Perawatan yang dilakukan menggunakan teknik menusuk kulit wajah menggunakan jarum kecil, sehingga mampu merangsang produksi kolagen. Treatment ini sudah terkenal sebagai salah satu solusi untuk meremajakan kulit.

Manfaat dermapen microneedle

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari treatment dermapen microneedle, di antaranya:

  • Mengurangi bekas luka jerawat atau bopeng, luka operasi, hingga luka bakar
  • Menyamarkan garis hitam
  • Mampu membuat kulit lebih kencang
  • Memudarkan melasma, atau warna kulit yang menggelap karena penyakit tertentu
  • Membuat kulit lebih cerah dan awet muda.
Tips sebelum melakukan perawatan microneedle

Treatment dermapen microneedle untuk cukup aman dan minim efek samping. Meskipun begitu, untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan treatment microneedle, di antaranya:

  • Lakukan konsultasi terlebih dahulu, karena treatment ini tidak dapat dilakukan pada orang beberapa kondisi seperti pemiliki kulit sensitif, dan mereka yang memiliki jerawat aktif tidak bisa melakukan tindakan ini.
  • Menghentikan produk anti-jerawat, menghentikan obat pengencer darah, karena dapat membuat wajah berisiko terkena efek samping saat tindakan.
  • Lakukanlah di klinik atau tempat terpercaya dengan bantuan dokter.

Baca juga: Atasi Pori Pori Besar Dengan Laser Treatment

Tempat melakukan treatment kecantikan

Klinik Kecantikan KL Klinik menjadi solusi klinik Kesehatan kulit yang terstandarisasi dengan dokter yang ahli di bidangnya serta peralatan yang lengkap di daerah Jakarta Barat. Dengan pelayanan Laser Skin Center, Klinik Kecantikan KL KLINIK memiliki alat laser dengan berbagai macam fungsi sehingga dapat merawat lebih banyak masalah serta keluhan pada kulit Anda seperti masalah jerawat, perawatan anti-aging dan flek hitam hingga peremajaan kulit. Selain perawatan laser, Klinik Kecantikan KL KLINIK juga memiliki perawatan IPL, Radiofrekuensi, injeksi DNA Salmon, injeksi Vitamin C, hingga Bright & Glow Treatment, hingga Dermapen Microneedle.

Untuk melakukan pendaftaran treatment di Laser Skin Center KL Klinik, silakan menghubungi admin klinik, dengan cara langsung klik di sini!

07/Dec/2022
Cara-Terbaik-Menghilangkan-Nyeri-di-Kepala-1200x800.jpg

Nyeri di kepala merupakan masalah yang sangat banyak terjadi, baik pada orang dewasa, lansia, maupun anak-anak. Ada banyak penyebab dari sakit kepala, mulai dari penyebab yang ringan seperti efek psikologis (stress), hingga menjadi tanda dari adanya penyakit berbahaya. Meskipun sebagian besar nyeri di kepala bukanlah hal yang berbahaya. Namun, sakit kepala yang datang sangat tajam dan terus-menerus dapat mengganggu produktivitas. Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri di kepala yang mengganggu? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Jenis nyeri di kepala

Menurut penuturan dr. Ketut Ngurah Gunapriya, dokter spesialis anestesi di KL Klinik, menjelaskan bahwa sakit kepala bisa muncul karena berbagai penyebab. Ia menekankan bahwa untuk mengetahui penyebab dan cara pengobatannya, penting untuk mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Mengutip Web MD menyebutkan berikut adalah beberapa jenis nyeri di kepala dan penyebabnya:

  • Sakit kepala tegang atau tension

Jenis sakit kepala ini terasa berat dan menekan pada seluruh kepala, bisa terjadi dengan intensitas ringan, sedang, hingga berat. Durasi dari sakit kepala jenis tension ini bisa terjadi hanya beberapa menit, hingga 7 hari. Mengutip dari beberapa sumber, penyebab utama sakit kepala tension adalah akibat tekanan, stress, hingga depresi.

  • Migrain

Sakit kepala migrain terjadi dengan rasa berdenyut di salah satu sisi kepala. Jenis ini merupakan sakit kepala paling umum kedua setelah sakit kepala tension. Dapat terjadi dengan intensitas ringan, sedang, hingga berat. Bahkan, bisa disertai dengan muntah hingga mual. Durasi terjadi migrain biasanya berlangsung empat jam hingga tiga hari. Penyebab terjadinya migrain dapat terjadi akibat faktor makanan, konsumsi alkohol, hingga faktor lingkungan.

  • Sakit kepala cluster

Jenis sakit kepala ini terjadi pada area mata, kelopak mata, hingga samping sisi kepala. Tak jarang, sakit kepala cluster juga menimbulkan gejala lain seperti mata merah, kelopak mata bengkak, hidung tersumbat atau meler, hingga pupil yang mengecil. Meskipun biasanya terjadi hanya 15 menit hingga 3 jam. Namun, sakit kepala cluster bisa menyerang hingga 8 kali dalam sehari. Salah satu penyebab dari jenis sakit kepala ini adalah akibat adanya gangguan jam biologis yang diatur oleh hipotalamus atau bagian otak yang berfungsi mengendalikan organ dan sel tubuh.

  • Sakit kepala sekunder

Sesuai dengan namanya, jenis sakit kepala sekunder ini merupakan jenis nyeri di kepala akibat adanya gangguan saraf atau penyakit tertentu. Ada banyak penyebab dari nyeri kepala sekunder seperti tumor otak, infeksi, gangguan pembuluh darah, hingga gangguan metabolisme. Gejala sakit kepala sekunder biasanya terjadi progresif atau memberat, disertai demam, dada terasa tertekan, hingga muncul mendadak.

Perawatan di rumah yang bisa mengatasi nyeri di kepala

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakit kepala yang muncul, di antaranya:

  • Mengompresnya dengan air dingin atau hangat
  • Konsumsi minuman kopi hangat, atau minuman jahe
  • Beristirahat di tempat yang tenang dan gelap
  • Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu keras, karena akan memperparah kondisi sakit kepala.

Selain beberapa perawatan di rumah, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri kepala seperti aspirin. Namun, obat tersebut sebaiknya tidak diberikan pada Anak di bahwa umur 18 tahun.

Pengobatan medis untuk menghilangkan nyeri di kepala

Jika sakit di kepala tak hilang meskipun sudah melakukan perawatan di rumah. Maka, sebaiknya segeralah konsultasi dengan dokter untuk mendeteksi penyebab dari munculnya sakit di kepala tersebut. Pengobatan pada masalah nyeri dapat ditangani dengan manajemen nyeri. Seperti pengobatan di Pain Center KL Klinik yang mengedepankan pengobatan modern untuk mengatasi masalah seputar nyeri.

Baca juga: Nyeri Pinggang Akibat Saraf Kejepit

One stop solution untuk pengobatan masalah nyeri

Klinik Nyeri – Pain Center KL Klinik dengan konsep “Pain Care Management” hadir membantu masalah nyeri Anda. Dokter dan perawat di KL Klinik sudah tersertifikasi dalam pelayanan nyeri dengan belasan tahun pengalaman dalam menangani ratusan pasien untuk mengatasi masalah nyeri. Dibandingkan dengan terapi nyeri yang konvensional (obat minum) ataupun tindakan operasi yang berisiko tinggi untuk pasien, KL Klinik memilih memfokuskan kenyamanan serta teknik pengobatan modern yang aman dan efektif tanpa pembedahan (operasi). Tindakan tersebut ini memungkinkan karena tenaga medis didukung oleh alat penunjang seperti ultrasonofrafi (USG), radiografi C-Arm, RadioFrekuensi (RF) dan Platelet-Rich Plasma (PRP).

Untuk berkonsultasi atau melakukan pendaftaran pada masalah nyeri, silakan hubungi admin klinik dengan cara klik di sini!

07/Dec/2022
Perbaiki-Senyum-dengan-Perawatan-Dental-Smile-Design-1200x800.jpg

Dental smile design disebut sebagai inovasi perawatan gigi terbaik di dunia kedokteran karena dapat memperbaiki estetika gigi. Sehingga, membuat senyuman pasien menjadi jauh lebih cantik dan indah. DSD atau Dental Smile Design ini merupakan perawatan yang bertujuan untuk memperbaiki gigi yang dapat menunjang penampilan secara visual. Dikembangkan oleh Christian Coachman, teknologi dental smile design ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memperbaiki struktur gigi, agar membuat senyum Anda semakin cantik.

Prosedur dental smile design

Dental smile design merupakan perawatan gigi yang memanfaatkan teknologi canggih digital smile design. Digital smile design ini adalah teknologi yang dapat merancang, mengikuti serangkaian ukuran dan parameter tertentu untuk mengikuti senyum ideal dari setiap pasien. Sehingga, rancangan dari hasil digital smile tersebut dapat dijadikan patokan untuk melakukan perawatan gigi yang komprehensif. Dengan adanya teknologi digital smile design, komunikasi antar pasien dan dokter akan menjadi lebih jelas dan terorganisir. Mengutip dari beberapa sumber, berikut adalah serangkaian prosedur yang biasanya dilakukan sebelum menjalankan perawatan dental smile design.

  • Melakukan konsultasi dengan dokter mengenai kondisi gigi pasien.
  • Melakukan dental scanner yang terhubung dengan software digital smile design untuk mendapatkan foto dan video dari struktur internal gigi pasien.
  • Dokter biasanya akan mengumpulkan foto dan video tersebut dalam berbagai ekspresi untuk mempelajari pergerakan dinamis dari gigi, gusi, bibir, dan wajah ketika pasien tersenyum, tertawa, maupun ketik berbicara.
  • Setelah pasien dan dokter mendapatkan citra rancangan design senyum yang sesuai pada wajah pasien, maka dokter dapat merekomendasikan beberapa perawatan gigi pada pasien.
  • Perawatan gigi biasanya meliputi pemasangan veneer, pemasangan behel, kawat gigi, gigi palsu, scalling, dan lain-lain.

Jadi, secara rinci, dental smile design merupakan design digital yang digunakan dokter dan pasien untuk menggambar bentuk senyum yang sempurna bagi pasien. Setelah rancangan digital tersebut tercipta, dokter dapat merekomendasikan beberapa perawatan gigi yang sesuai bagi pasien.

Manfaat yang didapat dental smile design

Dengan teknologi dental smile design, pasien tentunya dapat melihat hasil akhir dari perawatan yang akan mereka lakukan. Dengan merancang senyuman yang sempurna di wajah pasien melalui 4D animasi, tentu akan sangat memudahkan komunikasi antar pasien dengan dokter saat akan mengambil tindakan perawatan yang tepat. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa pasien dapatkan dengan melakukan dental smile design di antaranya:

  • Meningkatkan akurasi tinggi dari hasil perawatan gigi yang akan pasien lakukan
  • Pasien bisa melihat proyeksi hasil yang akan mereka dapatkan, sehingga bisa disesuaikan dengan ekspektasi pasien
  • Dengan proyeksi hasil senyuman, pasien akan lebih termotivasi dalam menjalankan setiap sesi perawatan gigi
  • Dapat memastikan target senyuman yang diinginkan sudah sesuai atau tidak dengan kontur wajah pasien.

Baca juga: Dental SPA, Solusi Dapatkan Gigi Putih Bersih

Kapan bisa melakukan dental smile design?

Teknologi dental smile design biasanya dilakukan sebelum melakukan perawatan gigi seperti veneer, pemasangan kawat gigi, pengaplikasian gigi palsu, hingga pemasangan aligner. Dental smile design juga bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki masalah gigi, seperti gigi terlalu maju, gigi berantakan, gigi renggang, dll. Dengan melakukan dental smile design, dokter akan merancang perbaikan pada masalah gigi pasien dengan 4D animasi. Dengan rancangan hasil tersebut, tentunya pasien bisa mendapatkan senyuman dengan gigi yang lebih rata, lebih baik, dan sesuai dengan apa yang pasien harapkan.

Dental Studio KL Klinik

Salah satu tempat yang menyediakan teknologi dental smile design dengan perawatan gigi menggunakan teknologi canggih lainnya adalah Dental Studio KL Klinik. Dental Studio KL KLINIK menjawab permasalahan kebutuhan pelayanan gigi anda, dengan tenaga ahli dokter gigi terbaik di bidangnya serta alat modern untuk mengatasi permasalahan gigi anda.

Untuk melakukan konsultasi dan tindakan pada permasalahan gigi, silakan menghubungi admin klinik dengan cara klik di sini!

07/Dec/2022
Kapan-Waktu-Yang-Tepat-Melakukan-Check-Up-Mata-1200x800.jpg

Check up mata merupakan prosedur pemeriksaan mata untuk mengevaluasi kondisi, sekaligus mendeteksi penyakit mata. Pemeriksaan mata sama pentingnya dengan pemeriksaan kesehatan lainnya. Dengan melakukan pemeriksaan mata segera setelah merasa adanya gangguan pada penglihatan, maka akan mengurangi risiko terjadi masalah lebih lanjut pada penglihatan. Apalagi, penyakit gangguan pada mata tak boleh disepelekan, karena dapat menyebabkan risiko kebutaan atau kehilangan penglihatan. Lalu, seperti apa pemeriksaan pada mata? Dan, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan mata? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Prosedur check up mata

Check up mata atau pemeriksaan mata merupakan tes komprehensif yang melibatkan aspek menyeluruh pada area mata, pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh dokter. Berbeda dengan skrining mata yang biasanya hanya melibatkan pemeriksaan dasar pada penglihatan, check up mata ini dapat menguji penyakit mata tertentu. Sebelum melakukan pemeriksaan mata, biasanya Anda membutuhkan rekomendasi dari dokter terlebih dahulu, pemeriksaan mata akan dilakukan sesuai kebutuhan dan usia pasien. Mengutip dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa prosedur dan jenis check up mata yang pasien lakukan selama pemeriksaan berlangsung, di antaranya:

  • Tes ketajaman visual

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui ketajaman penglihatan pasien.

  • Tes buta warna

Ini bertujuan untuk mengetahui penglihatan pada warna.

  • Uji tutup

Pemeriksaan mata dilakukan ini untuk mengetahui apakah mata masih bekerja dengan baik atau tidak.

  • Tes gerakan mata

Untuk mengetahui seberapa baik mata pasien bergerak mengikuti objek.

  • Tes glaukoma

Untuk mengetahui tekanan yang ada poda bola mata, apakah berisiko menyebabkan glaukoma atau tidak.

  • Uji slit lamp

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit katarak, degenerasi macula, hingga retinopatik diabetik.

Siapa yang harus melakukan check up mata?

Mengutip dari Penn Medicine (2019) menyebutkan bahwa semua orang, terutama yang berusia 40 tahun ke atas harus melakukan check up mata. Ini bertujuan untuk mendeteksi kelainan mata pada tahap awal, dan mencegah gangguan penglihatan lainnya. Apalagi, memasuki usia 40 tahun kemampuan mata akan menurun dan rentan terkena berbagai masalah penglihatan. Selain mereka yang berumur 40 tahun, orang yang memiliki faktor risiko di bawah ini juga disarankan untuk segera melakukan check up mata, di antaranya:

  • Orang yang memiliki risiko terkena gangguan mata

Beberapa orang yang memiliki faktor risiko gangguan penglihatan seperti memiliki riwayat keluarga yang memiliki gangguan penglihatan, memiliki diabetes, sering menggunakan lensa mata, pernah melakukan operasi mata. Mereka adalah orang yang rentan mengalami gangguan mata, sehingga perlu melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

  • Mengalami gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan merupakan masalah umum yang sering terjadi, banyak orang memilih menggunakan kacamata untuk mengatasi gangguan penglihatan seperti rabun dekat atau rabun jauh. Namun, jika kamu mengalami gangguan penglihatan seperti penglihatan hilang sebagian, terdapat asap putih pada penglihatan, atau gangguan tak lazim lainnya, segeralah melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter.

  • Memiliki alergi mata

Mata merah dan berair merupakan gejala utama dari iritasi mata. Jika, kamu sering mengalami iritasi mata, maka sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan mata. Ini penting agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Mengalami masalah di area mata

Jika Anda merasa ada yang salah pada penglihatan atau mata, seperti muncul rasa sakit di mata, mengalami double vision atau penglihatan ganda, mata memerah, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut penyebabnya.

Waktu yang tepat melakukan check up mata

Menurut beberapa sumber menyebutkan pemeriksaan mata ini dapat dilakukan 1 tahun sekali pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Sedangkan pada bayi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan mata setidaknya sekali ketika mereka baru lahir, selanjutnya bisa dilakukan secara reguler 2 tahun sekali atau saat ada gejala gangguan penglihatan. Pada orang dewasa yang memiliki penyakit darah tinggi, atau memiliki pekerjaan yang berisiko membuat penglihatan terganggu, maka pemeriksaan mata perlu dilakukan secara rutin.

Baca juga: Berbagai Penyakit Retina yang Perlu Diwaspadai

Tempat melakukan pemeriksaan mata

Pemeriksaan mata harus dilakukan di klinik/tempat terpercaya dan dilakukan oleh dokter. Salah satu klinik yang menyediakan pemeriksaan mata, sekaligus pengobatan mata secara holistik adalah Poli Mata KL Klinik. Menurut penuturan Kelvin Alim, dokter spesialis mata sekaligus pemilik KL Klinik menyebutkan bahwa Poli Mata KL KLINIK bisa menjadi solusi bagi masalah mata katarak, glaukoma, gangguan refraksi (pandangan dekat/jauh yang buram), masalah retina, atau untuk sekedar checkup mata rutin. Dengan menggunakan peralatan operasi yang modern beserta kelengkapan penunjang lain yang canggih dan mutakhir, KL Klinik siap menjaga kesehatan mata Anda agar tetap dalam kondisi terbaik.

Untuk melakukan pendaftaran dan konsultasi terhadap permasalahan mata, silakan hubungi admin klinik dengan klik di sini!

07/Dec/2022
Bahaya-Gingivitis-Penyebab-Gusi-Berdarah-1200x800.jpg

Gusi berdarah merupakan salah satu masalah gusi yang sering terjadi yang disebabkan oleh gingivitis atau radang pada gusi. Tak hanya mengganggu, gingivitis juga bisa sangat menyakitkan. Umumnya, radang gusi ditandai dengan munculnya darah di area gusi, terutama jika sedang menggosok gigi. Mengutip dari Mayo Clinic, gingivitis dapat terjadi ketika adanya infeksi bakteri yang menyebabkan kemerahan, iritasi, dan pembengkakan di area gingiva atau bagian gusi di pangkal gigi. Jika tak segera diatasi, gingivitis dapat menimbulkan abses gigi hingga periodontis, infeksi serius yang dapat merusak kesehatan gigi dan tulang di sekitarnya. Lalu, apa saja gejala pada gingivitis dan bagaimana pengobatannya? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Gejala gingivitis

Gejala pada gingivitis umumnya tidak disadari oleh para penderitanya, bahkan menurut beberapa sumber, gingivitis ini bisa muncul tanpa gejala sama sekali. Meskipun begitu, Anda dapat mengidentifikasi munculnya gingivitis yang meliputi:

  • Gusi terasa bengkak dan sakit
  • Warna gusi berubah menjadi merah hingga kehitaman
  • Muncul darah ketika menyikat gigi
  • Muncul bau napas tak sedap pada penderitanya
  • Terasa nyeri saat mengunyah makanan

Pada beberapa kasus, gingivitis juga akan menyebabkan munculnya nanah di sela gigi dan gusi. Meskipun terkadang sulit untuk dideteksi, kamu tetap bisa mengidentifikasi gingivitis dengan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin.

Penyebab dan faktor risiko gingivitis

Mengutip dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa penyebab utama dari gingivitis adalah kebersihan gigi yang buruk, sehingga mendorong terbentuknya plak gigi. Plak gigi tersebut menyebabkan peradangan gusi. Selain itu, beberapa faktor risiko di bawah juga bisa menjadi penyebab munculnya peradangan pada gusi atau gingivitis, seperti:

  • Orang yang kurang memerhatikan kesehatan gigi
  • Perokok
  • Lansia
  • Gizi buruk, atau kekurangan vitamin C
  • Restorasi gigi yang tidak pas atau bengkok sehingga sulit dibersihkan
  • Mereka yang mengidap Leukimia juga rentan terkena masalah gusi
  • Akibat konsumsi obat-obatan tertentu

Selain beberapa penyebab di atas, gingivitis juga rentan terjadi pada mereka yang menggunakan pil KB, atau memiliki kondisi medis tertentu seperti infeksi virus atau jamur.

Baca juga: Perawatan Penyakit Gusi dengan Scalling Gigi

Pengobatan pada gusi berdarah akibat gingivitis

Perawatan dan pengobatan harus segera dilakukan pada mereka yang mulai mengalami gejala gingivitis. Pengobatan yang dijalankan dapat mencegah risiko kerusakan lebih lanjut pada area gusi dan gigi. Umumnya, ada dua metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau mengobati gingivitis, di antaranya:

  • Scalling atau pembersihan karang gigi
  • Penambalan atau mengganti gigi yang rusak akibat gingivitis

Pastikan kamu melakukan pengobatan dan perawatan gigi bersama dokter agar mencegah risiko yang tidak diinginkan. Selain itu, untuk perawatan scalling bisa kamu lakukan 3 hingga 6 bulan sekali atau sesuai anjuran dokter.

Pencegahan gingivitis

Gingivitis adalah masalah gigi yang dapat dicegah dan diatasi. Menurut penuturan drg. Ruby Kusnadi, dokter gigi yang berpraktik di KL Klinik menyebutkan bahwa masalah pada gigi (termasuk gingivitis) dapat diatasi dengan perawatan gigi yang tepat. Berikut adalah langkah merawat gigi dengan tepat di antaranya:

  • Rajin menggosok gigi 2 kali sehari
  • Menggunakan sikat gigi yang lembut
  • Rajin mengganti sikat gigi 2 atau 3 bulan sekali
  • Bersihkan gigi dari plak sebelum tidur atau setelah makan
  • Rajin melakukan konsultasi dan perawatan masalah gigi setidaknya 6 bulan sekali.

Perawatan gigi dapat kamu lakukan meskipun tidak memiliki masalah gigi, pemeriksaan dan perawatan gigi reguler dapat membuat gigi tampak sehat, bersih, dan jauh dari masalah gigi. Untuk melakukan konsultasi terkait perawatan dan pengobatan gigi, Anda bisa datang ke  Dental Studio KL Klinik. Semua perawatan gigi di Dental Studio KL Klinik dilakukan dengan tenaga ahli dokter gigi terbaik di bidangnya serta alat modern.

Untuk melakukan pendaftaran pada masalah gigi, silahkan untuk menghubungi Customer Service KL Klinik dengan cara klik di sini!

07/Dec/2022
Atasi-Pori-Pori-Besar-dengan-Laser-Treatment-1200x800.jpg

Laser treatment merupakan perawatan kecantikan yang cukup populer belakangan ini. Banyak digunakan oleh para artis dan influencer untuk mendapatkan kulit mulus, laser treatment ternyata memang terbukti memiliki banyak manfaat. Mulai dari membuat wajah glowing, mulus, hingga menghilangkan flek hitam sekaligus pori-pori besar yang muncul di wajah. Apalagi, masalah kulit seperti pori-pori besar membuat banyak orang merasa tak percaya diri, karena dianggap dapat membuat kulit terlihat kusam.

Penyebab pori-pori besar di area wajah

Pori-pori besar di wajah memang tak berbahaya, namun bisa menganggu penampilan. Oleh sebab itu, banyak orang melakukan berbagai cara untuk menutup pori-pori di wajah, termasuk menggunakan makeup. Sebenarnya, pori-pori di wajah muncul ketika kulit memproduksi sebum secara berlebihan. Meskipun begitu, mengutip dari beberapa sumber ada dua faktor penyebab pori-pori besar, yaitu:

  • Faktor internal

Penyebab dari faktor internal adalah akibat bawaan lahir atau bersifat sesuatu yang sulit diubah seperti genetik. Di mana faktor riwayat keturunan, seperti jika Anda memiliki orang tua dengan jenis kulit yang memiliki pori-pori besar, maka ada kemungkinan Anda memiliki jenis kulit yang sama. Selain genetik, faktor usia di mana produksi elastin dan kolagen menurun juga dapat menyebabkan munculnya pori-pori. Lalu, faktor hormonal juga dapat memicu timbulnya pori-pori besar di wajah.

  • Faktor eksternal

Sedangkan pada faktor eksternal, penyebab dari munculnya pori-pori ini disebabkan oleh lingkungan dan kebiasaan, seperti:

  • Sering terkena paparan sinar UV berlebih
  • Menggunakan produk skincare atau kecantikan yang salah, di mana dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat sehingga memicu masalah kulit.
  • Jarang melakukan double cleansing, kotoran yang menumpuk di wajah dapat menyebabkan pori-pori membesar. Oleh karena itu, penting untuk melakukan double cleansing dengan rutin.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan produksi minyak di wajah, sehingga memicu pembesaran pori-pori.
  • Menggosok wajah terlalu keras/kasar juga dapat memicu pori-pori membesar.
Cara mengatasi pori-pori besar

Meskipun sulit dihilangkan, namun kita tetap dapat memperkecil ukuran pori-pori dengan melakukan perawatan seperti:

  • Memilih produk skincare noncomedogenic, atau produk yang tidak rentan menyebabkan penyumbatan pori-pori di wajah.
  • Rajin mencuci muka, dua kali sehari.
  • Oleskan pelembab dan sunscreen secara rutin
  • Lakukan eksfoliasi wajah setidaknya seminggu sekali
  • Membersihkan makeup sebelum tidur
  • Konsumsi makanan sehat, dan kurangi makanan berminyak
  • Melakukan perawatan di klinik kecantikan, seperti laser treatment.

Baca juga: Injeksi Acne untuk Tuntaskan Jerawat di Wajah

Mengenal laser treatment dan manfaatnya

Laser treatment merupakan perawatan kecantikan yang memanfaatkan energi cahaya untuk memperbaiki dan meregenerasi kulit yang rusak. Ada banyak manfaat dari laser treatment seperti memproduksi kolagen, meningkatkan sirkulasi darah di area wajah, menghilangkan bintik dan bekas luka, hingga dapat menyamarkan pori-pori dan membuat wajah nampak mulus dan halus. Treatment laser ini banyak digunakan untuk mengatasi pori-pori karena dapat menembus lapisan kulit untuk meregenerasi kulit, juga membuat wajah lebih sehat. Sehingga, beberapa pakar kecantikan menyebutkan bahwa laser treatment ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah pori-pori besar, flek hitam, hingga menghilangkan bekas luka di wajah.

Tempat melakukan laser treatment

Tidak semua jenis kulit dapat melakukan laser treatment, oleh sebab itu sebelum melakukan laser treatment, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu melakukan konsultasi juga dapat memaksimalkan hasil yang didapat setelah perawatan. Salah satu tempat perawatan kecantikan yang menyediakan berbagai jenis layanan treatment dan dilakukan oleh dokter dan tenaga ahli professional adalah Laser Skin Center, KL Klinik. Klinik Kecantikan KL Klinik menjadi solusi klinik Kesehatan kulit yang terstandarisasi dengan dokter yang ahli di bidangnya serta peralatan yang lengkap di daerah Jakarta Barat. Dengan pelayanan Laser Skin Center, Klinik Kecantikan KL KLINIK memiliki alat laser dengan berbagai macam fungsi sehingga dapat merawat lebih banyak masalah serta keluhan pada kulit Anda seperti masalah jerawat, perawatan anti-aging dan flek hitam hingga peremajaan kulit.

Untuk melakukan pendaftaran di Laser Skin Center KL Klinik, silakan menghubungi admin klinik dengan cara klik di sini!

07/Dec/2022
Nyeri-Pinggang-Akibat-Saraf-Kejepit-1200x800.jpg

Saraf kejepit merupakan kondisi berbahaya yang biasanya ditandai dengan rasa nyeri di area tubuh tertentu, termasuk di area pinggang. Meskipun begitu, beberapa orang masih sulit membedakan nyeri pinggang biasa dengan yang berbahaya. Apalagi, mengutip dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa sekitar 80% pernah merasakan nyeri di area pinggang, setidaknya sekali dalam hidupnya. Banyak orang abai terhadap nyeri pinggang, beberapa orang lainnya merasa perlu melakukan pengobatan. Lalu, sebenarnya bagaimana cara membedakan rasa nyeri pinggang akibat saraf kejepit dengan nyeri pinggang biasa? Simak ulasannya dalam artikel berikut!

Berbagai penyebab nyeri pinggang

Nyeri pinggang merupakan masalah umum yang sering dialami oleh orang dewasa. Meskipun begitu, sangat sulit mendiagnosis nyeri pinggang tanpa bantuan medis, apalagi nyeri pinggang ini bisa disebabkan oleh berbagai penyebab. Mengutip dari Cleveland Clinic menyebutkan bahwa nyeri pinggang atau low back pain ini dapat terjadi akibat cedera, kondisi/penyakit tertentu, hingga cedera otot biasa akibat aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri yang muncul pada nyeri pinggang juga berbeda-beda, mulai dari ringan, sedang, hingga nyeri tajam yang mengganggu aktivitas. Berikut adalah beberapa penyebab nyeri pinggang yang paling sering terjadi, di antaranya:

  • Cedera saat berolahraga
  • Akibat duduk terlalu lama, atau membawa tas punggung yang terlalu berat
  • Terjadi peradangan pada sendi tulang belakang
  • Kelainan pada lengkungan tulang belakang seperti kifosis, lordosis, hingga skoliosis
  • Saraf kejepit atau Hernia Nucleous Pulposus
Saraf kejepit

Hernia Nucleous Pulposus (HNP) atau saraf kejepit merupakan masalah yang sering terjadi di area tulang belakang, umumnya bagian punggung bawah atau pinggang. Kondisi ini dapat terjadi ketika saraf di area tulang belakang tertekan oleh jaringan sekitarnya, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri, baal, dan otot bagian tulang belakang yang melemah. Semua orang berisiko mengalami saraf kejepit, terutama mereka yang:

  • Berusia 50 tahun ke atas
  • Memiliki berat badan berlebih
  • Genetika, beberapa orang mewarisi kecenderungan untuk mengalami HNP atau saraf kejepit
  • Merokok, karena merokok dapat mengurangi suplai oksigen ke disk tulang belakang, sehingga menyebabkan tulang belakang lebih rentan rusak
  • Duduk dalam waktu yang lama.
Bahaya saraf kejepit

Saraf kejepit sebaiknya tak dianggap remeh, karena jika terus dibiarkan akan menganggu hantaran listrik sistem saraf ke otak, sehingga menyebabkan kesemutan, otot di bagian paha menjadi lemah, muncul rasa nyeri yang dapat menganggu aktivitas. Bahkan, bisa menyebabkan kelumpuhan. Oleh karena itu, sebaiknya jika sudah mengalami gejala nyeri di area tulang belakang, segera lakukan konsultasi dengan dokter.

Cara membedakan gejala nyeri pinggang biasa dengan saraf kejepit

Pada umumnya nyeri pinggang biasa akibat aktivitas sehari-hari dapat hilang dengan sendirinya, atau muncul beberapa saat saja. Namun, kamu harus waspada jika mengalami nyeri yang disertai dengan:

  • Kesemutan di area kaki
  • Melemahnya otot-otot di bagian paha atau kaki
  • Muncul nyeri tajam di pinggang yang menjalar ke area kaki.

Baca juga: Pengobatan dan Pertolongan Pertama pada Nyeri Lutut

Pengobatan dan pemeriksaan terhadap nyeri saraf kejepit

Untuk mengatasi sekaligus mencegah saraf kejepit, sebaiknya jika mulai mengalami nyeri di area pinggang, segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter. Setelah melakukan konsultasi, biasanya dokter akan menyarankan pemeriksaan deteksi HNP dengan CT-Scan atau MRI untuk mengetahui ada atau tidaknya saraf kejepit. Setelah itu, dokter akan memberikan beberapa pilihan pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan saraf kejepit, seperti dengan terapi atau tindakan operasi.

Tempat pengobatan pada masalah nyeri, termasuk masalah nyeri saraf kejepit tanpa tindakan operasi adalah Pain Center KL Klinik. Pain Center KL Klinik dengan konsep “Pain Care Management” hadir membantu masalah nyeri Anda. Dokter dan perawat kami sudah tersertifikasi dalam pelayanan nyeri dengan belasan tahun pengalaman dalam menangani ratusan pasien dengan masalah nyeri yang berbeda-beda. Dibandingkan dengan terapi nyeri yang konvensional (obat minum) ataupun tindakan operasi yang berisiko tinggi untuk pasien, kami memilih memfokuskan kenyamanan serta teknik pengobatan modern yang aman dan efektif tanpa pembedahan (operasi).

Untuk melakukan konsultasi dan pengobatan terkait masalah nyeri, Anda dapat melakukan pendaftaran dengan klik di sini!

07/Dec/2022
Jenis-Gangguan-Mata-yang-Sering-Terjadi-1200x800.jpg

Gangguan mata dapat dialami siapapun tanpa batasan usia. Mengutip dari Cleveland Clinic menyebutkan bahwa ada berbagai jenis penyakit atau gangguan pada mata. Beberapa gangguan mata dapat dicegah dan diobati. Namun, beberapa lainnya tidak bisa diobati, bahkan bisa menyebabkan kebutaan permanen. Menurut data dari WHO menyebutkan bahwa lebih dari 7 juta orang mengalami kebutaan setiap tahunnya. Bahkan, angka gangguan penglihatan ini akan terus bertambah setiap tahunnya. Tentu saja, untuk mencegah hal tersebut kita harus waspada dan lebih mengenal beberapa gangguan mata yang paling umum terjadi.

Gangguan mata yang sering terjadi

Mengutip dari Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa gangguan mata yang sering terjadi di antaranya:

  • Refraksi mata

Masalah refraksi mata merupakan jenis gangguan mata yang paling banyak terjadi. Orang yang mengalami masalah refraksi mata biasanya akan mengeluhkan pandangan yang buram saat melihat benda jarak jauh, dekat, atau keduanya. Jenis-jenis refrkasi mata di antaranya miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), astigmatisme (silinder), hingga mata tua atau presbiopi. Umumnya jenis gangguan refraksi mata dapat diatasi dengan menggunakan kacamata dengan lensa optik.

  • Buta warna

Kondisi ini terjadi ketika penderitanya tidak dapat melihat warna secara normal, biasanya ditandai dengan sulit membedakan warna tertentu, bahkan bisa seluruh warna (buta warna total). Penyebab dari kondisi ini adalah kelainan sejak lahir atau bawaan atau akibat penuaan. Hingga saat ini belum ada metode pengobatan untuk menyembuhkan buta warna, namun pasien bisa dilatih untuk membiasakan dengan buta warna yang dideritanya.

  • Katarak

Masalah gangguan penglihatan ini merupakan salah satu penyebab kebutaan terbesar di Indonesia. Menurut data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia katarak bahkan menjadi 81% penyebab kebutaan di Indonesia. Umumnya, gejala yang timbul dari katarak adalah mudah silau, terutama ketika melihat cahaya dan pandangan yang buram. Katarak merupakan gejala medis yang darurat, sehingga harus segera diatasi.

  • Retinopatik diabetic

Gangguan mata ini merupakan gangguan mata yang terjadi pada penderita diabetes. Berdasarkan data dari WHO, retinopatik diabetik merupakan penyebab kebutaan terbesar keempat di dunia. Penderita dari retinopatik diabetik umumnya akan mengalami penurunan penglihatan dari waktu ke waktu, nyeri pada mata atau timbul merah di area mata, hingga kehilangan penglihatan total.

  • Glaukoma

Kondisi ini terjadi ketika adanya kerusakan saraf di area mata akibat adanya tekanan tinggi yang dapat menyebabkan kebutaan. Umumnya, masalah ini timbul tanpa gejala sehingga seringkali disebut sebagai “Si Pencuri Penglihatan”.

Baca juga: Waspada Gejala Glaukoma Bisa Sebabkan Kebutaan!

Mengatasi dan mencegah gangguan mata

Salah satu cara untuk mencegah dan mengobati gangguan mata adalah dengan melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter, jika Anda mulai merasakan terjadi gangguan penglihatan. Pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter sangat penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan, perawatan dan pengobatan yang tepat dapat mencegah kebutaan dari penyakit yang ditimbulkan. Salah satu klinik yang menyediakan layanan pemeriksaan dan pengobatan masalah mata adalah Poli Mata KL Klinik. Menurut dokter spesialis mata sekaligus pemilik KL Klinik, dr. Kevin Alim menuturkan bahwa KL Klinik bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang mengalami gangguan mata seperti katarak, glaukoma, hingga gangguan refraksi mata.

Dengan pengalaman serta ribuan pasien yang sudah terbantu oleh pelayanan dokter spesialis mata di Poli Mata KL KLINIK, Poli Mata KL Klinik siap membantu menangani masalah Anda secara holistic, dari awal pencarian masalah hingga kontrol setelah pengobatan operasi jika dibutuhkan.

Untuk melakukan pendaftaran pada pemeriksaan dan konsultasi masalah gangguan mata dengan dokter spesialis mata terbaik, silahkan klik di sini!

07/Dec/2022
Home KL Klinik

Download Apps
KL Klinik

Donwload App Playstore Android
Download App Store iOs
Home KL Klinik

Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

Rekanan KL Klinik

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?