Bahaya Gigi Berlubang yang Dibiarkan

04/11/2022by adminArtikel

Bahaya Gigi Berlubang yang Dibiarkan

04/11/2022 by admin
Bahaya-Gigi-Berlubang-yang-Dibiarkan-1200x800.jpg

Gigi berlubang merupakan salah satu masalah paling umum yang sering dialami oleh anak-anak, namun tak dapat dipungkiri gigi berlubang juga dapat terjadi orang dewasa hingga lansia. Kondisi ini terjadi ketika gigi rusak akibat terkikisnya lapisan luar gigi (enamel) akibat bakteri. Tak hanya dapat mengganggu penampilan, gigi berlubang juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika dibiarkan. Sayangnya, banyak masyarakat yang abai mengenai masalah ini.

Kebiasaan buruk yang menyebabkan gigi berlubang

Mengutip dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa cativies atau gigi berlubang awalnya muncul akibat plak yang menumpuk pada gigi. Seiring berjalannya waktu, plak atau kotoran di gigi tersebut diubah menjadi asam oleh bakteri alami yang ada di dalam mulut, sehingga menyebabkan gigi menjadi berlubang.

Kondisi cavities atau gigi berlubang dapat terjadi pada siapa saja, namun ada beberapa orang yang berisiko mengalaminya di antaranya:

  • Orang yang jarang membersihkan atau menyikat gigi
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis, seperti kue, es krim, dan minuman bersoda
  • Orang yang menderita gangguan makan seperti bumilia dan anoreksia juga rentan mengalami masalah gigi berlubang
  • Mereka yang berusia lanjut juga rentan mengalami gigi berlubang akibat melemahnya enamel pada gigi
  • Orang yang sering mengkonsumsi vitamin tertentu, suplemen, hingga obat-obatan juga rentan terkena masalah gigi berlubang
Bahaya gigi berlubang yang dibiarkan

Banyak masyarakat masih abai terhadap bahaya gigi berlubang, padahal jika dibiarkan, bakteri dan asam akan masuk ke dalam pulpa gigi (bagian gigi yang terdapat saraf sensitif dan pembuluh darah). Sehingga, dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Berikut adalah beberapa dampak bahaya jika gigi berlubang tidak segera diatasi;

  • Akan sering mengalami nyeri atau sakit gigi
  • Muncul abses gigi, terbentuknya kantung berisi nanah di dalam gigi dan gusi akibat infeksi bakteri
  • Bakteri di gigi dapat menyebar ke organ tubuh lain menyebabkan sinusitis hingga endokarditis (infeksi pada dinding dan katup jantung).
  • Dapat menyebabkan sepsis, di mana bakteri pada gigi masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan infeksi berat di seluruh tubuh. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dan komplikasi.
Cara mengatasi gigi berlubang

Gigi berlubang merupakan masalah yang dapat diobati, bahkan saat ini sudah banyak metode yang dikembangkan khusus untuk mengatasi gigi berlubang. Meskipun begitu, pengobatan pada gigi berlubang sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi professional karena disesuaikan dengan tingkat keparahannya.

Berikut adalah beberapa metode umum yang digunakan untuk mengatasi gigi berlubang.

  • Fluoride treatment

Treatment ini dilakukan dengan menggunakan fluoride berbentuk cairan gel, atau busa dan mengoleskannya di area gigi berlubang. Namun, umumnya dokter memasang fluoride untuk melapisi gigi yang berlubang agar mencegah gigi berlubang bertambah buruk.

  • Filling

Tambal gigi atau filling ini merupakan tindakan atau treatment paling umum dilakukan untuk mengatasi masalah gigi berlubang.

  • Crown gigi

Pemasangan mahkota gigi di area gigi yang rusak atau dikenal dengan crown gigi. Metode ini biasanya digunakan pada kondisi gigi yang lemah atau sudah parah.

  • Root kanal

Perawatan saluran akar gigi (root kanal) akan dilakukan jika gigi berlubang sudah mencapai bagian akar gigi.

  • Cabut gigi

Jika kondisi gigi berlubang sudah sangat parah, maka prosedur pencabutan gigi biasanya akan dokter lakukan.

Baca juga: Perbaiki Senyum dengan Perawatan Dental Smile Design

Dental Studio KL Klinik

Dental Studio KL KLINIK menjawab permasalahan kebutuhan pelayanan gigi Anda. Dengan tenaga ahli dokter gigi terbaik di bidangnya serta alat modern untuk mengatasi permasalahan gigi.

Dengan dibantu oleh dokter dan perawat gigi untuk melakukan konsultasi, pemeriksaan, hingga tindakan yang tepat pada masalah gigi yang Anda alami. Menjadikan Dental Studio KL Klinik menjadi salah satu klinik terlengkap untuk mengatasi masalah gigi Anda serta keluarga.

Dengan Dental Studio KL KLINIK, semua masalah gigi mulut Anda akan kami tangani secara detail dan lengkap, sehingga anda dapat nyaman dalam perawatan gigi anda.

Untuk melakukan konsultasi, pemeriksaan, hingga tindakan terhadap masalah gigi, silakan menghubungi admin klinik dengan cara langsung klik di sini!

Home KL Klinik

Download Apps
KL Klinik

Donwload App Playstore Android
Download App Store iOs
Home KL Klinik

Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

Rekanan KL Klinik

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?