Begini Pengobatan pada Masalah Mata di Glaukoma Center, KL Klinik Jakarta

23/09/2022by adminArtikel

Begini Pengobatan pada Masalah Mata di Glaukoma Center, KL Klinik Jakarta

23/09/2022 by admin
man-complaining-about-pain-eye-1200x800.jpg

Glaukoma center KL Klinik Jakarta menyediakan layanan pengobatan masalah mata yang komprehensif dengan dokter spesialis yang berpengalaman dan professional. Mata merupakan salah satu organ yang sering mengalami masalah, sehingga berdampak pada kemampuan visual atau penglihatan. Selain katarak, salah satu masalah mata yang cukup berbahaya adalah glaukoma, gangguan penglihatan yang dapat menyebabkan kebutaan pada penderitanya. Oleh karena itu, masalah glaukoma harus diatasi sejak dini, setelah gejala awal mulai muncul. Lalu, bagaimana cara penanganan hingga pengobatan pada glaukoma? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Jenis dan penyebab munculnya glaukoma

Mengutip dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa glaukoma merupakan kondisi di mana saraf optik mengalami kerusakan akibat adanya tekanan tinggi di area mata. Dokter spesialis mata sekaligus pemilik KL Klinik, dr. Kelvin Alim, Sp.M menjelaskan bahwa glaukoma menjadi salah satu penyebab kebutaan pada lansia, terutama mereka yang berumur 60 tahun ke atas. Meskipun begitu, glaukoma merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Berdasarkan jenisnya, glaukoma ini terbagi menjadi dua di antaranya:

  • Glaukoma primer

Pada glaukoma primer, penyebab terjadinya peningkatan tekanan bola mata tidak dapat diketahui secara pasti.

  • Glaukoma sekunder

Penyebab dari glaukoma sekunder ini biasanya akibat adanya penyakit bawaan seperti diabetes, katarak, atau trauma pada area mata yang menyebabkan peningkatan tekanan pada bola mata.

Selain beberapa jenis glaukoma di atas, adapula jenis glaukoma yang terjadi sejak lahir atau bawaan, glaukoma jenis ini terkenal dengan nama glaukoma kongenital. Dokter spesialis mata, dr. Kelvin Alim menjelaskan bahwa komplikasi yang paling umum dari masalah glaukoma adalah kebutaan. Namun, hal tersebut dapat pasien cegah dengan pemeriksaan dan pengobatan rutin dengan dokter.

Gejala pada glaukoma

Salah satu cara untuk mengurangi risiko kebutaan pada penderita glaukoma adalah dengan melakukan pengobatan secepatnya setelah merasakan gejala awal. Mengutip dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa gejala dari glaukoma berdasarkan jenisnya seperti berikut ini.

Gejala pada glaukoma secara umum
  • Sering merasa pusing
  • Nyeri mata hebat secara tiba-tiba
  • Mengalami penglihatan berkabut
  • Penderita melihat lingkaran cahaya di penglihatannya
  • Mata mulai memerah

Kondisi glaukoma pada tertentu merupakan kondisi darurat yang sangat rentan berisiko kebutaan. Oleh karena itu, penglihatan jenis ini biasanya harus segera ditangani dengan tindakan operasi.

Pengobatan pada glaukoma

Menurut penuturan dari dr.Kelvin Alim, Sp.M menyebutkan bahwa kunci dalam menangani pada masalah glaukoma adalah dengan deteksi dini. Dengan deteksi dini, dokter dapat melakukan penanganan untuk mencegah risiko kebutaan pada penderita glaukoma. Karena, hingga saat ini masih belum ditemukan obat yang dapat menghilangkan glaukoma, penting bagi pasien untuk segera memeriksakan diri, segera setelah merasakan munculnya gangguan penglihatan. Berikut adalah beberapa pengobatan pada masalah glaukoma, di antaranya:

  • Operasi glaukoma

Tujuan dari operasi glaukoma adalah untuk membuat saluran pembuangan baru bagi cairan yang keluar dari mata, sehingga dapat mengurangi tekanan. Sehingga, mampu mencegah kebutaan.

  • Laser glaukoma

Iridotomy merupakan tindakan untuk mengatasi glaukoma dengan cara memanfaatkan laser untuk membuat lubang kecil di area iris mata. Sehingga, dapat memperbaiki sudut aliran pembuangan cairan di area mata dan mencegah kebutaan.

Baca juga: Punya Masalah Gigi? Yuk Berobat dengan Dokter Spesialis Gigi di KL Klinik

Kelebihan Glaukoma Center KL Klinik sebagai solusi permasalahan mata

KL klinik menjadi salah satu tempat pelayanan medis untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk mata. Glaukoma Center KL Klinik dilengkapi dengan fasilitas modern dan bantuan para dokter spesialis berpengalaman untuk mengatasi permasalahan pada penglihatan. Dr. Kelvin Alim, dokter spesialis mata sekaligus pemilik KL Klinik menjelaskan bahwa Glaukoma Center KL Klinik memilikiĀ  teknologi untuk menangani glaukoma yang modern serta dokter yang profesional. Sehingga, pengobatan pada masalah mata, termasuk glaukoma, katarak, maupun masalah lainnya dapat teratasi secara terintegrasi.

Untuk melakukan pendaftaran di Glaukoma Center KL Klinik dengan dokter spesialis mata kami, silakan langsung menghubungi customer service dengan klik di sini!


Download Apps
KL Klinik



Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo šŸ‘‹
Ada yang bisa kami bantu?