Berbagai Penyakit Retina yang Perlu Diwaspadai

12/10/2022by adminArtikel

Berbagai Penyakit Retina yang Perlu Diwaspadai

12/10/2022 by admin
Berbagai-Penyakit-Retina-yang-Perlu-Diwaspadai-1200x800.jpg

Penyakit retina merupakan salah satu masalah yang sering menyebabkan penglihatan terganggu. Mengutip dari Mayo Clinic tahun 2022, penyakit retina sangat bervariasi dan dapat memengaruhi bagian manapun dari retina, yang merupakan lapisan tipis jaringan di dinding belakang bagian dalam mata. Retina sendiri merupakan bagian tubuh yang memiliki jutaan sel yang sensitive terhadap cahaya, juga terdapat sel-sel saraf yang menerima dan mengatur informasi visual ke bagian otak. Jadi, ketika area retina bermasalah, tentu saja pandangan penderitanya menjadi terganggu, sehingga dapat menghambat produktivitas dan aktivitas sehari-hari.

Berbagai penyakit retina

Jika terdapat gangguan pada retina, sebaiknya tak dianggap sepele. Mengutip dari Medical News Today menyebutkan bahwa penyakit retina tak hanya dapat mengganggu penglihatan, tetapi juga dapat menyebabkan kebutaan. Namun, meskipun begitu sebagian besar gangguan retina dapat dicegah dan diatasi dengan mengidentifikasi masalah tersebut lebih awal dan memberikan perawatan yang tepat. Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyakit retina yang paling umum terjadi, di antaranya:

  • Retinal tear atau robeknya retina

Kondisi ini terjadi ketika zat bening di tengah mata (vitreous) menyusut dan menarik lapisan retina sehingga menyebabkan retina tersebut robek atau rusak. Gejalanya sendiri sering ditandai dengan munculnya gangguan pandangan seperti floaters.

  • Ablasi retina

Masalah ablasi retina terjadi ketika adanya cairan di bawah retina. Ini menyebabkan retina mata tertarik, sehingga tidak berada dalam posisi yang normal. Kondisi ini merupakan kondisi darurat yang harus segera ditangani dengan medis.

  • Retinopati diabetik

Jika seseorang menderita diabetes, pembuluh darah kecil yang terletak di belakang mata dapat memburuk dan mengeluarkan cairan ke area retina. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi membengkak, sehingga membuat pandangan menjadi kabur. Masalah ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan kebutaan pada penderitanya.

  • Membran epiretinal

Kondisi ini terjadi ketika timbulnya lapisan membrane epiretinal atau jaringan halus seperti bekas luka di atas retina. Umumnya, masalah ini dapat menyebabkan pandangan menjadi kabur atau bengkok.

  • Lubang makula

Kondisi ini terjadi ketika adanya kelainan di area retina, di mana terdapat lubang kecil di tengah retina atau di bagian belakang mata. Lubang tersebut dapat terjadi akibat adanya tekanan di area retina, atau akibat adanya cedera pada mata.

Gejala pada penyakit retina

Meskipun disebabkan oleh faktor yang berbeda, namun penyakit retina umumnya menimbulkan gejala umum serupa, seperti:

  • Pandangan terganggu, biasanya penderita melihat bintik mengambang, sarang laba-laba, atau seperti tirai pada penglihatannya.
  • Penglihatan menjadi kabur atau terdistrosi dengan garis lurus atau bergelombang
  • Mengalami gangguan pada penglihatan samping
  • Kehilangan penglihatan total ataupun pada sebagian area

Baca juga: Waspada, Gejala Glaukoma Dapat Menyebabkan Kebutaan

Mengenal risiko penyakit retina

Semua orang dapat terkena penyakit retina, namun mengutip dari beberapa sumber beberapa orang ini sangat berisiko terhadap penyakit retina, seperti:

  • Lansia atau orang yang sudah berusia lanjut
  • Mereka yang merokok
  • Para penderita diabetes
  • Mereka yang mengalami trauma atau cedera pada mata
  • Mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit retina
Kapan harus ke dokter?

Jika sudah mengalami gejala yang tidak normal pada pandangan, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis mata untuk mendeteksi penyebabnya. Sangat penting untuk memerhatikan setiap perubahan dalam penglihatan Anda untuk segera mencari perawatan yang tepat. Dengan pengobatan dan perawatan yang tepat, tentu saja komplikasi seperti kebutaan dapat dicegah.

Tempat melakukan pengobatan dan perawatan mata

Poli Mata KL KLINIK menjadi salah satu klinik mata ternama di Jakarta Barat. Tak hanya melayani pengobatan untuk masalah mata seperti katarak, penyakit retina, dan glaukoma. Poli Mata KL Klinik juga melayani perawatan atau checkup mata dengan dokter spesialis mata berpengalaman dan professional. dengan pengalaman serta ribuan pasien yang sudah terbantu oleh pelayanan dokter spesialis mata di Poli Mata KL KLINIK, kami siap membantu menangani masalah anda secara holistic, dari awal pencarian masalah hingga kontrol setelah pengobatan operasi jika dibutuhkan. Dengan pelayanan unggulan serta biaya yang terjangkau, semua kalangan dari muda hingga lansia, dapat terbantu dengan adanya pengobatan dari Poli Mata KL KLINIK.

Untuk melakukan pengobatan pada masalah mata di Poli Mata KL Klinik, silakan menghubungi admin klinik dengan cara klik di sini!

Home KL Klinik

Download Apps
KL Klinik

Donwload App Playstore Android
Download App Store iOs
Home KL Klinik

Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

Rekanan KL Klinik

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?