Punya Masalah Gigi? Yuk Berobat dengan Dokter Spesialis Gigi di KL Klinik

Punya Masalah Gigi? Yuk Berobat dengan Dokter Spesialis Gigi di KL Klinik

15/09/2022 by admin
praktik-poli-gigi-kl-klinik-3-2-1200x800.jpg

Dokter spesialis gigi adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam suatu bidang kedokteran gigi tertentu. Di dunia kedokteran gigi, spesialisasi dokter gigi ternyata memiliki fokus keahlian yang berbeda-beda, seperti dokter spesialis kedokteran gigi anak atau SpKGA yang menangani masalah gigi khusus untuk anak. Atau,  dokter spesialis ortodonti (SpOrt) yang menangani masalah khusus estetika posisi gigi, rahang, dan wajah. Jadi, ortodontis akan fokus menangani bagaimana memperbaiki posisi gigi, dan memastikan rahangnya sejajar dengan benar agar tidak mengganggu struktur wajah. Meskipun begitu, untuk masalah gigi yang cenderung ringan, biasanya Anda cukup memeriksakan diri dengan dokter gigi umum. Jika, masalah gigi cenderung kompleks, biasanya dokter gigi umum akan memberikan rujukan kepada dokter spesialis gigi.

Masalah gigi yang paling sering terjadi

Gigi yang sehat dan rapi merupakan impian bagi banyak orang. Tak hanya mampu menambah kepercayaan diri, memiliki gigi rapi juga ternyata memiliki dampak untuk kesehatan. Menurut penuturan drg. Ruby Kusnadi, ia menyebutkan bahwa gigi yang rapi akan jauh lebih mudah dibersihkan dari plak. Sehingga, bisa meminimalisir gigi berlubang. Oleh karena itu, jika mengalami masalah gigi, sebaiknya segeralah melakukan perawatan dan pengobatan dengan dokter gigi. Melansir dari Very Well Health (2021) berikut adalah beberapa masalah gigi yang paling banyak terjadi, di antaranya:

• Bau mulut

Masalah utama yang sering terjadi pada orang dewasa adalah munculnya bau tak sedap di mulut. Studi menyebutkan bahwa 85% penyebab bau mulut adalah akibat masalah pada gigi, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, bakteri di lidah, hingga kanker mulut.

• Kerusakan gigi

Selanjutnya adalah kerusakan gigi yang dapat terjadi akibat plak sisa makanan menempel di area gigi, sehingga menghasilkan zat asam yang merusak gigi. Kenyataannya, masalah kerusakan gigi ini dialami oleh pasien dari segala umur. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah dengan rajin menyikat gigi dan flossing.

• Penyakit gusi (periodontal)

Masalah gusi merupakan infeksi yang terjadi di area gusi yang menjadi penyebab utama tooth loss atau hilangnya gigi pada orang dewasa. Studi juga menyebutkan bahwa penyakit gusi ini identik kaitannya dengan penyakit jantung. Selain itu, merokok juga menjadi penyebab utama masalah gusi pada orang dewasa.

• Erosi gigi

Pengikisan lapisan enamel gigi akibat zat asam adalah penyebab utama munculnya erosi gigi. Gejala utama dari erosi gigi adalah gigi retak, keropos, dan rasa sensitif yang muncul terhadap makanan dan minuman panas maupun dingin.

• Gigi sensitif

Sensitivitas gigi adalah masalah paling umum yang memengaruhi jutaan orang. Biasanya memiliki gejala ngilu dan tak nyaman ketika konsumsi makanan terlalu panas maupun terlalu dingin. Gigi sensitif erat kaitannya dengan gigi retak atau abses. Sehingga, perlu pemeriksaan dengan dokter gigi.

• Sakit gigi

Nyeri pada gigi bisa datang dan pergi begitu saja. Namun, penyebab utama dari rasa nyeri di area gigi biasanya disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya gigi patah, retak, gigi berlubang, infeksi hingga radang.

• Gigi tak rata atau berantakan

Meskipun bukan termasuk ke dalam masalah gigi, namun gigi berantakan merupakan penyebab banyak orang datang ke dokter gigi. Tak hanya dapat menurunkan kepercayaan diri, gigi berantakan juga mampu menimbulkan masalah seperti gangguan bicara, gangguan mengunyah, hingga menimbulkan masalah gigi dan mulut lainnya.

Perawatan yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan gigi

Timbulnya masalah gigi dan mulut sebaiknya tak dibiarkan begitu saja karena dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Dijelaskan oleh drg. Ruby Kusnadi, ia menyebutkan bahwa masalah gigi dapat diatas dengan mengembangkan kebiasaan menyikat dan membersihkan gigi secara teratur. Namun, jika muncul keluhan pada gigi yang sudah sangat mengganggu, sebaiknya konsultasi dan lakukan pemeriksaan dengan dokter. Selain itu, memeriksakan gigi juga perlu pasien lakukan secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali untuk mendeteksi kemungkinan munculnya penyakit serius pada gigi dan mulut. Berikut adalah perawatan yang bisa pasien lakukan untuk menjaga gigi tetap bersih dan sehat.

• Scalling atau pembersihan

Prosedur medis ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk pada gigi. Dengan melakukan scalling secara rutin dapat membuat gigi menjadi lebih bersih dan terawat. Serta, dapat mencegah risiko penyakit pada gusi.

• Sealant

Perawatan ini dokter lakukan dengan memasang plastik pelindung pada permukaan gigi belakang, gigi premolar, dan gigi geraham. Tujuannya, untuk mencegah sisa makanan dan bakteri masuk melalui celah pada gigi. Biasanya, perawatan ini diaplikasikan pada anak-anak untuk mengurangi kerusakan gigi.

• Tambal gigi

Gigi patah dan berlubang dapat diatasi dengan cara melakukan tambal gigi. Perawatan ini penting untuk pasien lakukan, terutama jika memiliki masalah gigi berlubang dan patah, agar tak menganggu bagian saraf gigi.

• Cabut gigi

Odontektomi adalah perawatan gigi dengan cara mencabut gigi yang sudah busuk atau rusak. Biasanya, gigi yang rusak dapat mengakibatkan masalah seperti rasa nyeri, hingga pembengkakan di gusi. Sehingga, cabut gigi menjadi salah satu solusi untuk mengatasi sekaligus mencegah kerusakan gigi berkelanjutan.

• Perawatan gigi ortodontik

Gigi renggang, berantakan, hingga terlalu maju atau mundur dapat diatasi dengan perawatan gigi ortodontik. Salah satu perawatan ortodontik paling populer adalah behel dan clear aligner. Perawatan ini tak hanya dapat menunjang penampilan, akan tetapi dapat membuat gigi lebih sehat dan bersih.