Cara Terbaik Menghilangkan Nyeri di Kepala

04/11/2022by adminArtikel

Cara Terbaik Menghilangkan Nyeri di Kepala

04/11/2022 by admin
Cara-Terbaik-Menghilangkan-Nyeri-di-Kepala-1200x800.jpg

Nyeri di kepala merupakan masalah yang sangat banyak terjadi, baik pada orang dewasa, lansia, maupun anak-anak. Ada banyak penyebab dari sakit kepala, mulai dari penyebab yang ringan seperti efek psikologis (stress), hingga menjadi tanda dari adanya penyakit berbahaya. Meskipun sebagian besar nyeri di kepala bukanlah hal yang berbahaya. Namun, sakit kepala yang datang sangat tajam dan terus-menerus dapat mengganggu produktivitas. Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri di kepala yang mengganggu? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Jenis nyeri di kepala

Menurut penuturan dr. Ketut Ngurah Gunapriya, dokter spesialis anestesi di KL Klinik, menjelaskan bahwa sakit kepala bisa muncul karena berbagai penyebab. Ia menekankan bahwa untuk mengetahui penyebab dan cara pengobatannya, penting untuk mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Mengutip Web MD menyebutkan berikut adalah beberapa jenis nyeri di kepala dan penyebabnya:

  • Sakit kepala tegang atau tension

Jenis sakit kepala ini terasa berat dan menekan pada seluruh kepala, bisa terjadi dengan intensitas ringan, sedang, hingga berat. Durasi dari sakit kepala jenis tension ini bisa terjadi hanya beberapa menit, hingga 7 hari. Mengutip dari beberapa sumber, penyebab utama sakit kepala tension adalah akibat tekanan, stress, hingga depresi.

  • Migrain

Sakit kepala migrain terjadi dengan rasa berdenyut di salah satu sisi kepala. Jenis ini merupakan sakit kepala paling umum kedua setelah sakit kepala tension. Dapat terjadi dengan intensitas ringan, sedang, hingga berat. Bahkan, bisa disertai dengan muntah hingga mual. Durasi terjadi migrain biasanya berlangsung empat jam hingga tiga hari. Penyebab terjadinya migrain dapat terjadi akibat faktor makanan, konsumsi alkohol, hingga faktor lingkungan.

  • Sakit kepala cluster

Jenis sakit kepala ini terjadi pada area mata, kelopak mata, hingga samping sisi kepala. Tak jarang, sakit kepala cluster juga menimbulkan gejala lain seperti mata merah, kelopak mata bengkak, hidung tersumbat atau meler, hingga pupil yang mengecil. Meskipun biasanya terjadi hanya 15 menit hingga 3 jam. Namun, sakit kepala cluster bisa menyerang hingga 8 kali dalam sehari. Salah satu penyebab dari jenis sakit kepala ini adalah akibat adanya gangguan jam biologis yang diatur oleh hipotalamus atau bagian otak yang berfungsi mengendalikan organ dan sel tubuh.

  • Sakit kepala sekunder

Sesuai dengan namanya, jenis sakit kepala sekunder ini merupakan jenis nyeri di kepala akibat adanya gangguan saraf atau penyakit tertentu. Ada banyak penyebab dari nyeri kepala sekunder seperti tumor otak, infeksi, gangguan pembuluh darah, hingga gangguan metabolisme. Gejala sakit kepala sekunder biasanya terjadi progresif atau memberat, disertai demam, dada terasa tertekan, hingga muncul mendadak.

Perawatan di rumah yang bisa mengatasi nyeri di kepala

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengurangi rasa sakit kepala yang muncul, di antaranya:

  • Mengompresnya dengan air dingin atau hangat
  • Konsumsi minuman kopi hangat, atau minuman jahe
  • Beristirahat di tempat yang tenang dan gelap
  • Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu keras, karena akan memperparah kondisi sakit kepala.

Selain beberapa perawatan di rumah, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri kepala seperti aspirin. Namun, obat tersebut sebaiknya tidak diberikan pada Anak di bahwa umur 18 tahun.

Pengobatan medis untuk menghilangkan nyeri di kepala

Jika sakit di kepala tak hilang meskipun sudah melakukan perawatan di rumah. Maka, sebaiknya segeralah konsultasi dengan dokter untuk mendeteksi penyebab dari munculnya sakit di kepala tersebut. Pengobatan pada masalah nyeri dapat ditangani dengan manajemen nyeri. Seperti pengobatan di Pain Center KL Klinik yang mengedepankan pengobatan modern untuk mengatasi masalah seputar nyeri.

Baca juga: Nyeri Pinggang Akibat Saraf Kejepit

One stop solution untuk pengobatan masalah nyeri

Klinik Nyeri – Pain Center KL Klinik dengan konsep “Pain Care Management” hadir membantu masalah nyeri Anda. Dokter dan perawat di KL Klinik sudah tersertifikasi dalam pelayanan nyeri dengan belasan tahun pengalaman dalam menangani ratusan pasien untuk mengatasi masalah nyeri. Dibandingkan dengan terapi nyeri yang konvensional (obat minum) ataupun tindakan operasi yang berisiko tinggi untuk pasien, KL Klinik memilih memfokuskan kenyamanan serta teknik pengobatan modern yang aman dan efektif tanpa pembedahan (operasi). Tindakan tersebut ini memungkinkan karena tenaga medis didukung oleh alat penunjang seperti ultrasonofrafi (USG), radiografi C-Arm, RadioFrekuensi (RF) dan Platelet-Rich Plasma (PRP).

Untuk berkonsultasi atau melakukan pendaftaran pada masalah nyeri, silakan hubungi admin klinik dengan cara klik di sini!

Home KL Klinik

Download Apps
KL Klinik

Donwload App Playstore Android
Download App Store iOs
Home KL Klinik

Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

Rekanan KL Klinik

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?