Cari Tempat Perawatan Gigi di Jakarta? Dental Studio KL Klinik Solusinya!

29/09/2022by adminArtikel

Cari Tempat Perawatan Gigi di Jakarta? Dental Studio KL Klinik Solusinya!

29/09/2022 by admin
ruangan-gigi-1-1200x800.jpg

Perawatan gigi merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan secara rutin. Tak hanya sebatas menggosok gigi dan melakukan flossing, perawatan gigi yang baik perlu dilakukan dengan dokter. Dengan pemeriksaan dan perawatan secara rutin dengan dokter gigi, maka dapat memperkecil risiko kerusakan bahkan masalah gigi lainnya. Mengutip dari Southside Medical Center menyebutkan bahwa banyak orang menunggu memiliki masalah gigi terlebih dahulu untuk datang ke dokter gigi. Padahal, pemeriksaan rutin dengan dokter mampu menjaga kesehatan gigi. Apalagi, masalah gigi juga banyak dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya, diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Pentingnya pemeriksaan dan perawatan gigi secara reguler

Kesehatan gigi sangat memengaruhi kehidupan seseorang. Tak hanya itu, kebersihan gigi dan mulut juga disebut-sebut mampu mencerminkan kebersihan gigi seseorang. Mengutip dari artikel Southside Medical Center menyebutkan bahwa kebersihan gigi merupakan aspek kebersihan yang penting, namun sering diabaikan. Memiliki gigi yang bersih bisa berdampak terhadap kehidupan seseorang secara positif. Tak hanya berkaitan dengan kesehatan, memiliki gigi bersih dan indah juga berdampak pada penampilan yang semakin menarik. Selain itu, mengutip dari beberapa sumber, dengan memiliki gigi bersih juga memiliki dampak kelebihan lainnya, di antaranya:

• Mencegah komplikasi masalah kesehatan yang lebih serius

Komplikasi dari masalah gigi ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ada hubungan yang kuat dari timbulnya penyakit gusi dengan penyakit jantung. Pemeriksaan gigi secara rutin dapat menghindari risiko tersebut.

• Menambah kepercayaan diri

Gigi dan mulut merupakan anggota tubuh yang berperan besar dalam penampilan seseorang. Kerusakan gigi dan penyakit gusi dapat membuat gigi menguning, menimbulkan bau mulut, dan memicu kerusakan gigi lainnya. Hal tersebut tentu saja dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang.

• Menghindari prosedur pengobatan yang lebih mahal

Banyak orang yang datang ke dokter gigi ketika mengalami masalah gigi yang sudah parah. Terkadang, kondisi seperti ini justru memerlukan pengobatan yang lebih kompleks dan lebih mahal. Dengan pemeriksaan gigi secara rutin, tentu saja kerusakan sedikit saja pada gigi dapat teratasi dengan baik tanpa harus menunggu masalah tersebut menjadi lebih besar.

• Mengurangi rasa sakit

Banyak penyakit gigi yang menimbulkan gejala nyeri pada gigi atau area mulut. Nyeri atau sakit pada gigi terjadi akibat adanya infeksi. Jika dibiarkan, maka masalah gigi akan merambat ke sakit kepala hingga mengganggu aktivitas. Seseorang yang sering melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi secara rutin pastinya akan sangat jarang untuk mengalami kondisi ini.

Kapan harus melakukan pemeriksaan gigi?

Menurut dokter gigi dari Dental Studio KL Klinik, drg.Ruby Kusnadi menyebutkan bahwa idealnya seseorang melakukan pemeriksaan gigi dengan dokter 6 bulan sekali. Namun, jika pasien menggunakan treatment seperti behel, maka pemeriksaan idealnya dilakukan sekitar 1-3 bulan sekali. Kondisi gigi pada setiap orang berbeda-beda, pemeriksaan gigi biasanya dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan masalah gigi yang pasien miliki.