Jenis Gangguan Mata yang Sering Terjadi

Jenis Gangguan Mata yang Sering Terjadi

21/10/2022 by admin
Jenis-Gangguan-Mata-yang-Sering-Terjadi-1200x800.jpg

Gangguan mata dapat dialami siapapun tanpa batasan usia. Mengutip dari Cleveland Clinic menyebutkan bahwa ada berbagai jenis penyakit atau gangguan pada mata. Beberapa gangguan mata dapat dicegah dan diobati. Namun, beberapa lainnya tidak bisa diobati, bahkan bisa menyebabkan kebutaan permanen. Menurut data dari WHO menyebutkan bahwa lebih dari 7 juta orang mengalami kebutaan setiap tahunnya. Bahkan, angka gangguan penglihatan ini akan terus bertambah setiap tahunnya. Tentu saja, untuk mencegah hal tersebut kita harus waspada dan lebih mengenal beberapa gangguan mata yang paling umum terjadi.

Gangguan mata yang sering terjadi

Mengutip dari Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa gangguan mata yang sering terjadi di antaranya:

• Refraksi mata

Masalah refraksi mata merupakan jenis gangguan mata yang paling banyak terjadi. Orang yang mengalami masalah refraksi mata biasanya akan mengeluhkan pandangan yang buram saat melihat benda jarak jauh, dekat, atau keduanya. Jenis-jenis refrkasi mata di antaranya miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), astigmatisme (silinder), hingga mata tua atau presbiopi. Umumnya jenis gangguan refraksi mata dapat diatasi dengan menggunakan kacamata dengan lensa optik.

• Buta warna

Kondisi ini terjadi ketika penderitanya tidak dapat melihat warna secara normal, biasanya ditandai dengan sulit membedakan warna tertentu, bahkan bisa seluruh warna (buta warna total). Penyebab dari kondisi ini adalah kelainan sejak lahir atau bawaan atau akibat penuaan. Hingga saat ini belum ada metode pengobatan untuk menyembuhkan buta warna, namun pasien bisa dilatih untuk membiasakan dengan buta warna yang dideritanya.

• Katarak

Masalah gangguan penglihatan ini merupakan salah satu penyebab kebutaan terbesar di Indonesia. Menurut data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia katarak bahkan menjadi 81% penyebab kebutaan di Indonesia. Umumnya, gejala yang timbul dari katarak adalah mudah silau, terutama ketika melihat cahaya dan pandangan yang buram. Katarak merupakan gejala medis yang darurat, sehingga harus segera diatasi.

• Retinopatik diabetic

Gangguan mata ini merupakan gangguan mata yang terjadi pada penderita diabetes. Berdasarkan data dari WHO, retinopatik diabetik merupakan penyebab kebutaan terbesar keempat di dunia. Penderita dari retinopatik diabetik umumnya akan mengalami penurunan penglihatan dari waktu ke waktu, nyeri pada mata atau timbul merah di area mata, hingga kehilangan penglihatan total.

• Glaukoma

Kondisi ini terjadi ketika adanya kerusakan saraf di area mata akibat adanya tekanan tinggi yang dapat menyebabkan kebutaan. Umumnya, masalah ini timbul tanpa gejala sehingga seringkali disebut sebagai “Si Pencuri Penglihatan”.

Baca juga: Waspada Gejala Glaukoma Bisa Sebabkan Kebutaan!

Mengatasi dan mencegah gangguan mata

Salah satu cara untuk mencegah dan mengobati gangguan mata adalah dengan melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter, jika Anda mulai merasakan terjadi gangguan penglihatan. Pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter sangat penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan, perawatan dan pengobatan yang tepat dapat mencegah kebutaan dari penyakit yang ditimbulkan. Salah satu klinik yang menyediakan layanan pemeriksaan dan pengobatan masalah mata adalah Poli Mata KL Klinik. Menurut dokter spesialis mata sekaligus pemilik KL Klinik, dr. Kevin Alim menuturkan bahwa KL Klinik bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang mengalami gangguan mata seperti katarak, glaukoma, hingga gangguan refraksi mata.

Dengan pengalaman serta ribuan pasien yang sudah terbantu oleh pelayanan dokter spesialis mata di Poli Mata KL KLINIK, Poli Mata KL Klinik siap membantu menangani masalah Anda secara holistic, dari awal pencarian masalah hingga kontrol setelah pengobatan operasi jika dibutuhkan.

Untuk melakukan pendaftaran pada pemeriksaan dan konsultasi masalah gangguan mata dengan dokter spesialis mata terbaik, silahkan klik di sini!