Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Check Up Mata?

25/10/2022by adminArtikel

Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Check Up Mata?

25/10/2022 by admin
Kapan-Waktu-Yang-Tepat-Melakukan-Check-Up-Mata-1200x800.jpg

Check up mata merupakan prosedur pemeriksaan mata untuk mengevaluasi kondisi, sekaligus mendeteksi penyakit mata. Pemeriksaan mata sama pentingnya dengan pemeriksaan kesehatan lainnya. Dengan melakukan pemeriksaan mata segera setelah merasa adanya gangguan pada penglihatan, maka akan mengurangi risiko terjadi masalah lebih lanjut pada penglihatan. Apalagi, penyakit gangguan pada mata tak boleh disepelekan, karena dapat menyebabkan risiko kebutaan atau kehilangan penglihatan. Lalu, seperti apa pemeriksaan pada mata? Dan, kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan mata? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Prosedur check up mata

Check up mata atau pemeriksaan mata merupakan tes komprehensif yang melibatkan aspek menyeluruh pada area mata, pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh dokter. Berbeda dengan skrining mata yang biasanya hanya melibatkan pemeriksaan dasar pada penglihatan, check up mata ini dapat menguji penyakit mata tertentu. Sebelum melakukan pemeriksaan mata, biasanya Anda membutuhkan rekomendasi dari dokter terlebih dahulu, pemeriksaan mata akan dilakukan sesuai kebutuhan dan usia pasien. Mengutip dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa prosedur dan jenis check up mata yang pasien lakukan selama pemeriksaan berlangsung, di antaranya:

  • Tes ketajaman visual

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui ketajaman penglihatan pasien.

  • Tes buta warna

Ini bertujuan untuk mengetahui penglihatan pada warna.

  • Uji tutup

Pemeriksaan mata dilakukan ini untuk mengetahui apakah mata masih bekerja dengan baik atau tidak.

  • Tes gerakan mata

Untuk mengetahui seberapa baik mata pasien bergerak mengikuti objek.

  • Tes glaukoma

Untuk mengetahui tekanan yang ada poda bola mata, apakah berisiko menyebabkan glaukoma atau tidak.

  • Uji slit lamp

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit katarak, degenerasi macula, hingga retinopatik diabetik.

Siapa yang harus melakukan check up mata?

Mengutip dari Penn Medicine (2019) menyebutkan bahwa semua orang, terutama yang berusia 40 tahun ke atas harus melakukan check up mata. Ini bertujuan untuk mendeteksi kelainan mata pada tahap awal, dan mencegah gangguan penglihatan lainnya. Apalagi, memasuki usia 40 tahun kemampuan mata akan menurun dan rentan terkena berbagai masalah penglihatan. Selain mereka yang berumur 40 tahun, orang yang memiliki faktor risiko di bawah ini juga disarankan untuk segera melakukan check up mata, di antaranya:

  • Orang yang memiliki risiko terkena gangguan mata

Beberapa orang yang memiliki faktor risiko gangguan penglihatan seperti memiliki riwayat keluarga yang memiliki gangguan penglihatan, memiliki diabetes, sering menggunakan lensa mata, pernah melakukan operasi mata. Mereka adalah orang yang rentan mengalami gangguan mata, sehingga perlu melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

  • Mengalami gangguan penglihatan

Gangguan penglihatan merupakan masalah umum yang sering terjadi, banyak orang memilih menggunakan kacamata untuk mengatasi gangguan penglihatan seperti rabun dekat atau rabun jauh. Namun, jika kamu mengalami gangguan penglihatan seperti penglihatan hilang sebagian, terdapat asap putih pada penglihatan, atau gangguan tak lazim lainnya, segeralah melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter.

  • Memiliki alergi mata

Mata merah dan berair merupakan gejala utama dari iritasi mata. Jika, kamu sering mengalami iritasi mata, maka sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan mata. Ini penting agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Mengalami masalah di area mata

Jika Anda merasa ada yang salah pada penglihatan atau mata, seperti muncul rasa sakit di mata, mengalami double vision atau penglihatan ganda, mata memerah, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut penyebabnya.

Waktu yang tepat melakukan check up mata

Menurut beberapa sumber menyebutkan pemeriksaan mata ini dapat dilakukan 1 tahun sekali pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Sedangkan pada bayi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan mata setidaknya sekali ketika mereka baru lahir, selanjutnya bisa dilakukan secara reguler 2 tahun sekali atau saat ada gejala gangguan penglihatan. Pada orang dewasa yang memiliki penyakit darah tinggi, atau memiliki pekerjaan yang berisiko membuat penglihatan terganggu, maka pemeriksaan mata perlu dilakukan secara rutin.

Baca juga: Berbagai Penyakit Retina yang Perlu Diwaspadai

Tempat melakukan pemeriksaan mata

Pemeriksaan mata harus dilakukan di klinik/tempat terpercaya dan dilakukan oleh dokter. Salah satu klinik yang menyediakan pemeriksaan mata, sekaligus pengobatan mata secara holistik adalah Poli Mata KL Klinik. Menurut penuturan Kelvin Alim, dokter spesialis mata sekaligus pemilik KL Klinik menyebutkan bahwa Poli Mata KL KLINIK bisa menjadi solusi bagi masalah mata katarak, glaukoma, gangguan refraksi (pandangan dekat/jauh yang buram), masalah retina, atau untuk sekedar checkup mata rutin. Dengan menggunakan peralatan operasi yang modern beserta kelengkapan penunjang lain yang canggih dan mutakhir, KL Klinik siap menjaga kesehatan mata Anda agar tetap dalam kondisi terbaik.

Untuk melakukan pendaftaran dan konsultasi terhadap permasalahan mata, silakan hubungi admin klinik dengan klik di sini!

Home KL Klinik

Download Apps
KL Klinik

Donwload App Playstore Android
Download App Store iOs
Home KL Klinik

Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

Rekanan KL Klinik

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo đŸ‘‹
Ada yang bisa kami bantu?