Mengenal Berbagai Jenis Operasi dan Pengobatan pada Katarak

29/09/2022by adminArtikel

Mengenal Berbagai Jenis Operasi dan Pengobatan pada Katarak

29/09/2022 by admin
Mengenal-Berbagai-Jenis-Operasi-dan-Pengobatan-pada-Katarak-1200x800.jpg

Operasi katarak merupakan prosedur medis yang dilakukan untuk mengangkat lensa mata pada penderita katarak, dan menggantinya dengan lensa buatan. Pengobatan operasi menjadi salah satu opsi pengobatan yang banyak dipilih oleh para penderita katarak. Meskipun terdengar menyeramkan, namun menurut beberapa sumber dan penelitian medis, jenis operasi katarak cenderung aman dan jarang menimbulkan komplikasi. Namun, selain operasi, ternyata ada beberapa pilihan pengobatan pada masalah katarak, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel berikut ini.

Apa itu katarak dan gejalanya

Katarak merupakan masalah pada lensa mata, di mana penderitanya mengalami penglihatan yang keruh dan buram. Hal ini terjadi akibat proses penuaan, maupun trauma pada jaringan mata. Ada beberapa gejala yang dapat timbul dari masalah katarak, di antaranya:

  • Penderitanya merasakan pandangan kabur seperti ada kabut
  • Adanya lingkaran di sekeliling cahaya yang mengganggu penglihatan
  • Penderitanya tak jarang mengalami pandangan ganda
  • Mengalami penurunan kemampuan melihat, terutama pada malam hari
  • Pandangan menjadi sangat silau ketika melihat lampu kendaraan, matahari, atau lampu jalanan

Selain beberapa gejala di atas, penderitanya juga seringkali mengganti ukuran kacamata mereka. Mengutip dari Mayo Clinic, gejala pada katarak biasanya muncul secara perlahan, bahkan beberapa penderita katarak pada awalnya mengalami penglihatan yang membaik dan lebih jelas, sebelum gejala lainnya muncul. Lalu semakin lama penglihatan semakin memburam hingga tidak bisa melihat.

Penyebab timbulnya katarak

Kebanyakan katarak berkembang ketika penuaan atau cedera, sehingga mengubah jaringan yang membentuk lensa mata. Biasanya pada penderita katarak, protein dan serat di lensa mata mulai rusak yang membuat penglihatan menjadi kabur. Selain akibat penuaan, katarak juga dapat terjadi akibat adanya genetik bawaan, atau akibat adanya penyakit tertentu, seperti diabetes. Mengutip dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa faktor risiko penyebab munculnya katarak pada seseorang, di antaranya:

  • Orang yang sering terkena sinar matahari berlebihan
  • Kebiasaan merokok
  • Obesitas atau mereka yang memiliki berat badan berlebih
  • Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi
  • Cedera atau peradangan pada mata
  • Penggunaan obat steroid dalam jangka panjang
  • Kebiasaan meminum alkohol secara berlebihan

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai pencegahan pada katarak. Namun, beberapa ahli setuju bahwa pemeriksaan mata secara berkala dapat memperkecil risiko maupun komplikasi pada katarak. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan diri mengenai kondisi mata dengan dokter, apalagi jika Anda termasuk orang-orang dengan faktor risiko seperti di atas.

Pengobatan pada masalah katarak

Menurut penuturan dari dokter spesialis mata, sekaligus pemiliki KL Klini, dr.Kelvin Alim menyebutkan bahwa pengobatan pada katarak dilihat dari tingkat keparahannya. Pada katarak yang masih ringan, dokter mungkin akan menyarankan penderitanya untuk menggunakan kacamata khusus untuk membantu pasien melihat lebih jelas. Jika, katarak sudah memburuk dan mulai mengganggu aktivitas, tak jarang operasi katarak menjadi pilihan terbaik bagi pasien.

Operasi katarak

Tindakan pada operasi katarak umumnya tak memerlukan rawat inap. Selain itu, beberapa sumber juga menyebutkan bahwa operasi katarak umumnya merupakan tindakan yang minim risiko dan jarang terjadi komplikasi. Berdasarkan tekniknya, operasi katarak ini terbagi menjadi 4 jenis, di antaranya:

  • Teknik laser

Pada teknik operasi ini, dokter memanfaatkan cahaya laser untuk membuat sayatan pada tepi lensa / kapsul untuk menghancurkan lensa yang sudah keruh. Sehingga, dapat mengganti lensa mata yang baru.

  • Phacoemulsification

Mirip dengan teknik laser, jenis operasi ini menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menghancurkan lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa baru.

  • Operasi katarak intrakapsular

Sedangkan pada jenis operasi ini, dokter akan membuat sayatan cukup besar untuk mengangkat lensa mata bersama kapsulnya. Setelah itu, dokter dapat memasang lensa baru. Namun teknik ini sudah ditinggalkan karena banyak komplikasinya.

Baca juga: Pengobatan Katarak dengan Dokter Spesialis Mata di KL Klinik

Pengobatan masalah katarak di KL Klinik

Pemeriksaan sekaligus pengobatan pada masalah katarak penting dilakukan dengan segera, agar mencegah komplikasi kebutaan pada penderitanya. Salah satu klinik yang menyediakan layanan pengobatan mata dengan fasilitas lengkap adalah KL Klinik. Menurut penuturan dr. Kelvin Alim, Sp.M menyebutkan bahwa KL Klinik ini memiliki poli mata dengan teknologi lengkap dan dokter yang professional. Sehingga, pengobatan pada masalah mata lebih terintegrasi. Untuk melakukan pengobatan mata di KL Klinik, silakan untuk menghubungi customer service kami dengan langsung klik di sini!

Home KL Klinik

Download Apps
KL Klinik

Donwload App Playstore Android
Download App Store iOs
Home KL Klinik

Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

Rekanan KL Klinik

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?