Mengenal Vitamin C Untuk Tubuh Kita

posted in: article | 0

Ascorbic Acid atau Vitamin C termasuk sebagai jenis vitamin yang larut dalam air yang bila berlebihan, kelebihannya akan terbuang bersamaan dengan urin, karena sifatnya ini juga kita dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin C setiap hari. Seperti yang sudah diketahui secara luas, vitamin C memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya menjaga kesehatan gusi. Namun tidak hanya itu saja, vitamin C memegang peranan penting dalam pembentukan tulang, penyembuhan luka, aktivasi vitamin B serta asam folat, pengubahan kolesterol menjadi asam empedu yang bertujuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta memiliki sifat anti-oksidan.  Berbicara mengenai sifatnya sebagai anti-oksidan yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas, vitamin C melindungi sistem imun tubuh serta mengurangi reaksi alergi yang dapat muncul dan melawan infeksi yang menyerang.

Kekurangan vitamin C sering diindikasikan dengan anemia, infeksi, gusi berdarah, penyembuhan luka yang lama, dan pendarahan kapiler. Untuk mengobati defisiensi, vitamin C sering diberikan dalam dosis besar dan tidak seperti vitamin yang larut lemak, kejadian keracunan karena kelebihan vitamin C jarang ditemukan.

Sumber vitamin C banyak ditemukan di buah dan sayur seperti citrus, strawberry, tomat, brokoli sedangkan untuk sumber hewani memiliki kadar vitamin C yang rendah sekitar <30-40mg/100gram. Maka dari itu sumber nabati memiliki peranan penting karena memiliki kandungan vitamin C hingga 5000mg/ 100gram. Asupan harian vitamin C yang dianjurkan bagi dewasa sekitar 90mg per hari dan tidak melebihi 2000mg per hari.