Pengobatan dan Pertolongan Pertama pada Nyeri Lutut

Pengobatan dan Pertolongan Pertama pada Nyeri Lutut

14/10/2022 by admin
Pengobatan-dan-Pertolongan-Pertama-pada-Nyeri-Lutut-1200x800.jpg

Pengobatan nyeri lutut berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya. Namun, mengutip dari Mayo Clinic, nyeri lutut biasanya dapat terjadi ketika tendon atau jaringan di sekitar lutut mengalami dislokasi ataupun kerusakan. Meskipun dapat terjadi akibat aktivitas sehari-hari, namun nyeri lutut juga bisa menjadi tanda penyakit berbahaya. Oleh karena itu, jika muncul rasa nyeri di area lutut sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter agar dapat mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat. Untuk mengetahui cara mendiagnosis dan penyebab dari nyeri lutut, simak artikel berikut ini!

Mengenal 2 jenis nyeri

Rasa nyeri merupakan salah satu cara tubuh kita berkomunikasi. Meskipun tak nyaman dan kadang mengganggu aktivitas, rasa nyeri dapat membantu untuk memberitahu jika ada hal yang salah dengan tubuh kita. Mengutip dari WebMD nyeri merupakan pengalaman sensorik dan emosional yang tak menyenangkan yang dapat dialami oleh siapapun. Berdasarkan waktu berlangsungnya, nyeri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

• Nyeri akut

Jenis nyeri ini biasanya datang secara tiba-tiba dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat. Umumnya, disebabkan oleh kecelakaan yang menyebabkan terbakar, terpukul, atau kejadian yang terjadi secara tidak sengaja. Nyeri akut memang tidak dikaitkan dengan penyakit berbahaya, namun kamu tetap harus waspada.

• Nyeri kronis

Berbeda dengan nyeri akut, nyeri kronis ini biasanya berlangsung selama berbulan-bulan, bahkan dapat menahun. Nyeri kronis banyak dikaitkan dengan penyakit tertentu, atau dampak dari cedera yang tidak disadari. Jenis nyeri kronis biasanya tidak akan mampu dihilangkan dengan perawatan atau pengobatan sederhana di rumah. Oleh karena itu, sebaiknya jika mengalami nyeri yang berlangsung lama, segeralah mencari bantuan dengan dokter.

Penyebab dari nyeri lutut

Lutut merupakan organ penting yang menopang beban tubuh, sekaligus digunakan untuk mobilitas. Oleh karena itu, lutut terdiri jaringan yang kompleks untuk dapat bergerak seperti tulang, tendon, ligament, otot, hingga tulang rawan yang rentan cedera. Jika, satu di antara jaringan tersebut mengalami masalah, biasanya akan menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya. Mengutip dari Better Health Channel (2012) berikut adalah penyebab paling umum dari nyeri lutut, di antaranya:

• Cedera ligament karena lutut terkilir
  • Dislokasi tulang tempurung lutut
  • Patah tulang
  • Perdarahan di dalam sendi lutut
  • Ligament lutut robek
  • Bursitis lutut/ radang bantalan antar tulang di lutut

Umumnya, nyeri lutut disebabkan oleh cedera saat beraktivitas atau berolahraga. Meskipun begitu, tak jarang nyeri lutut juga bisa menjadi tanda adanya penyakit berbahaya, seperti:

• Penyakit asam urat
  • Infeksi di area lutut
  • Rheumatoid arthritis
  • Kanker yang menyebar ke sendi lutut
  • Osteoarthritis
Cara membedakan nyeri lutut biasa dengan yang berbahaya

Nyeri lutut yang terjadi akibat aktivitas sehari-hari biasanya muncul dengan jenis nyeri akut, atau sementara dan dalam jangka waktu yang pendek. Namun, jika penderita merasakan nyeri kronis, yang berlangsung selama berbulan-bulan bahkan menahun, lalu datang ketika waktu tertentu, dengan rasa sakit yang tajam. Maka, nyeri tersebut bisa menjadi tanda adanya kerusakan parah atau bahkan penyakit tertentu di area lutut.

Pertolongan pertama pada nyeri lutut

Nyeri kronis pada lutut dapat terjadi akibat cedera yang dibiarkan. Oleh karena itu, agar tidak terjadi kerusakan lebih parah pada lutut, ketika terjadi cedera atau rasa nyeri di area lutut sebaiknya lakukanlah perawatan sederhana di rumah. Menurut penuturan dari dr. Ketut Ngurah Gunapriya, Sp.An, KIC, FIPM, FIPP, CIPS menyebutkan bahwa ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit di lutut, di antaranya dengan mengistirahatkan lutut yang sakit, mengompresnya dengan air dingin, membabatnya dengan kain atau perban. Terakhir, tempatkanlah bagian yang nyeri lebih tinggi saat duduk atau beristirahat.