Pengobatan Katarak dengan Dokter Spesialis Mata di KL Klinik

Pengobatan Katarak dengan Dokter Spesialis Mata di KL Klinik

14/09/2022 by admin
man-having-eye-sight-check-1-1200x800.jpg

Dokter spesialis mata adalah dokter yang memiliki keahlian khusus dalam mendiagnosis, mencegah, dan mengobati masalah penglihatan. Dokter yang menangani masalah seputar mata ini memiliki gelar Sp. M (Spesialis Mata). Para dokter dengan gelar Sp.M harus menempuh studi pendidikan spesialis mata setelah mereka menyelesaikan pendidikan sebagai dokter umum. Oleh karena itu, para dokter Sp.M ini memiliki kompetensi dalam melakukan prosuder medis untuk pengobatan mata, termasuk operasi mata. Dalam masalah katarak, sebaiknya Anda juga melakukan pengobatan mata dengan dokter spesialis mata agar pengobatan yang dilakukan lebih terstruktur dan tepat.

Penyebab munculnya katarak

Dokter spesialis mata, sekaligus Direktur dari KL Klinik, dr. Kelvin Alim menyebutkan bahwa katarak merupakan masalah mata yang sering terjadi seiring bertambahnya usia. Menurut data dari Kementrian Kesehatan memperkirakan bahwa 1 juta orang Indonesia mengalami masalah katarak, dan 90% di antara penderitanya adalah mereka yang berusia 55 tahun ke atas. Terlebih, katarak juga menjadi penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia, bahkan angkanya mencapai 81% dari total penyebab kebutaan di Indonesia. Katarak terjadi ketika lensa mata yang biasanya jernih, menjadi keruh. dr. Kelvin Alim, Sp.M menyebutkan salah satu penyebab dari katarak adalah pertambahan usia, yang menyebabkan kerusakan jaringan dan protein di dalam mata. Sehingga, membuat penglihatan menjadi keruh dan kabur.

3 jenis katarak yang banyak terjadi

Ada berbagai jenis katarak yang dapat terjadi, berdasarkan letak dan perkembangannya, katarak ini terbagi menjadi 3 jenis, di antaranya:

• Katarak nuklear

Jenis katarak ini merupakan jenis katarak yang paling banyak terjadi, dimulai dengan pengerasan bertahap dan menguningnya zona pusat lensa yang berada di bagian tengah mata. Seiring berjalannya waktu, lapisan kuning dan pengerasan lensa ini akan meluas ke bagian lainnya. Salah satu gejala utama dari katarak ini adalah munculnya rabun jauh yang membuat penglihatan menjadi kabur.

• Katarak kortikal

Salah satu jenis katarak yang paling sering terjadi pada penderita diabetes. Katarak kortikal ini terjadi di luar tepi lensa atau korteks, katarak kortikal ini membentuk area putih seperti jari-jari roda yang yang mengelilingi lensa. Sehingga membuat cahaya yang masuk melalui mata menjadi tersebar. Kondisi ini membuat penderitanya sering merasa silau dan penglihatan menjadi kabur.

• Katarak subskapsular

Jenis katarak ini mempengaruhi penglihatan malam dan gangguan penglihatan dalam jarak yang dekat. Ada dua jenis katarak subskapsular, di antaranya adalah katarak subskapsular posterior yang terbentuk di belakang mata dan disebabkan oleh diabetes. Sedangkan, pada katarak subskapsular anterior, katarak terletak di depan lensa, biasanya akibat adanya cedera. Katarak jenis ini bisa berkembang dengan sangat cepat.

Prosedur pengobatan katarak

Hingga saat ini belum di temukan obat yang dapat menyembuhkan katarak. Oleh karena itu, pengobatan pada katarak yang sangat efektif dan digunakan oleh para dokter adalah dengan operasi katarak. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena biasanya prosedur operasi katarak bisa pasien lakukan tanpa rawat inap. Berikut adalah beberapa jenis atau teknik operasi pada katarak.

• Intrapkapsular

Salah satu jenis operasi katarak pertama yang memiliki tingkat keberhasilan rendah dilakukan dengan cara mengangkat seluruh lensa katarak dengan membuka sayatan yang besar. Dikarenakan luas luka yang besar, banyak komplikasi yang terjadi dan teknik ini sudah ditinggalkan.

• Ekstrakapsular

Jenis operasi ini merupakan operasi konvensional, di mana dokter mengeluarkan lensa yang sudah keruh dengan membuat sayatan selebar 8-10 mm. Pada umumnya, tindakan operasi ini membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama.

• Phacoemulsification

Teknik operasi ini merupakan operasi katarak dengan memanfaatkan ultrasound untuk menghancurkan jaringan lensa yang mengalami katarak. Operasi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Selain itu, teknik operasi ini juga minim nyeri, penyembuhan cepat, dan biasanya pasien bisa langsung pulang setelah tindakan.

Mengapa pengobatan katarak harus dilakukan oleh dokter spesialis mata?

Pengobatan mata katarak adalah pengobatan yang kompleks dan tidak boleh dilakukan sembarang orang. Tenaga ahli yang sudah pasti kompeten seperti dokter spesialis mata dapat melakukan pengobatan sesuai prosedur. Sehingga, dapat mengurangi risiko saat tindakan operasi katarak dilakukan.

Pengobatan katarak di KL Klinik

dr. Kelvin Alim, Sp.M menyebutkan bahwa poli mata di KL Klinik ini bisa menjadi solusi pengobatan mata seperti katarak, glaucoma, masalah retina, dan gangguan mata lainnya. Selain itu, dr. Kelvin Alim, Sp.M selaku direktur KL Klinik juga menyebutkan bahwa poli mata di KL Klinik ini memiliki fasilitas pengobatan dengan teknologi yang lengkap dan dokter yang professional. Sehingga, pengobatan pada masalah mata dapat terintegrasi.

Untuk melakukan pendaftaran di KL Klinik dengan dokter spesialis mata professional dan berpengalaman, silakan untuk klik di sini!