Penyebab Nyeri Bahu yang Tak Boleh Diabaikan!

12/10/2022by adminArtikel

Penyebab Nyeri Bahu yang Tak Boleh Diabaikan!

12/10/2022 by admin
Penyebab-Nyeri-Bahu-yang-Tak-Boleh-Diabaikan-1200x800.jpg

Nyeri bahu merupakan hal yang umum dialami hampir semua orang dewasa. Meskipun pada umumnya nyeri bahu disebabkan akibat aktivitas sehari-hari, namun rasa nyeri yang timbul dapat menyebabkan produktivitas menjadi terhambat. Selain itu, nyeri bahu juga bisa menjadi tanda dari suatu penyakit yang berbahaya.

Penyebab nyeri bahu

Bahu merupakan anggota tubuh yang terdiri dari berbagai sendi dan otot untuk bergerak sehari-hari. Jika muncul rasa nyeri di area bahu, maka biasanya terjadi masalah di area ligament, tendon, sendi atau otot di sekitarnya. Biasanya nyeri akan muncul jika ada gerakan yang melibatkan bahu atau lengan. Ada banyak penyebab dari nyeri bahu, oleh karena itu untuk mengatasinya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab dari munculnya nyeri di area bahu, di antaranya:

• Akibat aktivitas sehari-hari

Salah satu penyebab nyeri bahu yang paling umum adalah akibat adanya ketegangan otot-otot bahu. Salah satunya adalah akibat posisi duduk yang salah, berolahraga berat, atau melakukan kegiatan aktif lainnya.

• Cedera

Mengutip dari Healthline, cedera terkadang menyebabkan dislokasi (perpindahan bagian tubuh ke posisi yang tidak seharusnya) pada struktur bahu, seperti cuff tendon rotator yang terperangkap bawah area tulang bahu. Sehingga, menyebabkan tendon menjadi radang atau rusak dan menyebabkan rasa nyeri di area bahu.

• Akibat adanya penyakit lain

Menurut beberapa sumber, nyeri bahu juga sering dikaitkan dengan berbagai masalah penyakit lainnya, seperti saraf kejepit, sakit jantung, dll.

Ada berbagai macam penyebab nyeri pada bahu, untuk mengidentifikasi penyebab pastinya, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Bahaya nyeri bahu

Banyak masyarakat yang mengabaikan nyeri bahu karena dianggap masalah biasa. Padahal, nyeri bahu bisa menjadi tanda adanya suatu gejala penyakit atau kerusakan di area tertentu. Selain itu, nyeri bahu yang dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang juga dapat memicu masalah kesehatan lain. Mengutip dari Healthline menyebutkan bahwa nyeri bahu yang dibiarkan akan menyebabkan otot di sekitar bahu menjadi mengecil. Akibatnya, bahu menjadi melemah ketika digerakan. Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, membiarkan nyeri bahu dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan keterlambatan dalam mendiagnosis penyakit atau kerusakan tertentu. Tak jarang, banyak pasien yang mengeluhkan nyeri bahu, justru ketika penyakitnya sudah sangat parah, sehingga masalah tersebut sulit disembuhkan.

Cara membedakan nyeri bahu biasa dan yang berbahaya

Nyeri bahu yang disebabkan oleh aktivitas sehari-hari, biasanya dapat diatasi dengan beberapa perawatan di rumah. Berbeda dengan nyeri bahu yang merupakan penyakit atau masalah tertentu, biasanya harus dilakukan dengan pengobatan dan perawatan medis dengan dokter. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk membedakan nyeri bahu yang berbahaya dengan yang tidak, di antaranya:

• Perhatikan pemicunya

Nyeri bahu biasa umumnya timbul ketika sudah melakukan kegiatan berat yang menyebabkan tegangnya otot. Atau, bisa juga karena pola habitual/kebiasaan, seperti posisi duduk yang tidak ergonomis dalam jangka waktu lama. Namun, jika nyeri bahu muncul secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas, sebaiknya segeralah melakukan pemeriksaan dengan dokter.

• Perhatikan waktu munculnya

Nyeri bahu yang muncul pada waktu tertentu, seperti malam hari disertai gejala lainnya, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan dengan dokter.

• Perhatikan jangka waktunya

Nyeri bahu biasa umumnya dapat hilang selama beberapa hari. Namun, jika nyeri bahu intens di salah satu sisi atau keduanya dan tidak hilang selama berbulan-bulan, bahkan menahun. Maka, bisa jadi gejala dari suatu penyakit.

Baca juga: Sakit Punggung Tak Boleh Dianggap Sepele, Ini Bahayanya!

Kapan harus ke dokter?

Menurut penuturan dari dr. Ketut Ngurah Gunapriya, selaku dokter spesialis anestesiologi dan pakar masalah nyeri dari KL Klinik menyebutkan bahwa nyeri yang datang pada anggota tubuh tak boleh disepelekan. Sebaiknya lakukanlah perawatan di rumah terlebih dahulu, seperti mengistirahatkan bagian tubuh tertentu dan mengompresnya dengan es batu yang dibalut kain. Namun, jika nyeri terus datang dalam jangka waktu yang lama, maka segeralah memeriksakan diri dengan dokter untuk mendiagnosis penyebabnya.

Oleh karena itu, sebaiknya nyeri yang datang di area bahu sebaiknya tak dianggap sepele. Anda bisa melakukan konsultasi dan perawatan pada nyeri bahu di Pain Center KL Klinik. Pain Center KL Klinik dengan konsep “Pain Care Management” hadir membantu masalah nyeri Anda. Dokter dan perawat KL Klinik sudah tersertifikasi dalam pelayanan nyeri dengan belasan tahun pengalaman dalam menangani ratusan pasien dengan masalah nyeri yang berbeda-beda. Dibandingkan dengan terapi nyeri yang konvensional (obat minum) ataupun tindakan operasi yang berisiko tinggi untuk pasien, kami memilih memfokuskan kenyamanan serta teknik pengobatan modern yang aman dan efektif tanpa pembedahan (operasi).

Untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan pada masalah nyeri di KL Klinik, silakan klik di sini!