Perawatan Penyakit Gusi dengan Scalling Gigi

Perawatan Penyakit Gusi dengan Scalling Gigi

05/10/2022 by admin
Perawatan-Penyakit-Gusi-dengan-Scalling-Gigi-1200x801.jpeg

Scalling gigi merupakan salah satu perawatan gigi yang memiliki berbagai macam manfaat. Perawatan ini dilakukan untuk membersihkan karang gigi yang terbentuk akibat penumpukan plak gigi yang lama kelamaan dapat mengeras. Sehingga, dapat menyebabkan masalah gigi seperti gigi berlubang, gigi berkarang, hingga penyakit gusi lainnya. Meskipun, beberapa orang beranggapan bahwa kebersihan gigi dapat diatasi dengan menyikat gigi dan rajin melakukan flossing. Kenyataannya, kebersihan dan kesehatan gigi harus dilakukan dengan melakukan perawatan gigi secara teratur, seperti perawatan scalling.

Mengenal Bahaya dari Penyakit Gusi

Gusi merupakan jaringan gigi yang berfungsi menahan gigi agar tetap berada dalam posisi yang sesuai. Jika, terjadi masalah di area gusi maka akan mengganggu ke kondisi gigi. Mengutip dari beberapa sumber, penyakit gusi biasanya menyebabkan gusi menjadi bengkak, berdarah, sakit akibat infeksi. Dibanding dengan anak-anak, penyakit gusi lebih banyak terjadi pada orang dewasa. Menurut data WHO atau Badan Organisasi Kesehatan Dunia menyebutkan bahwa setidaknya 1 dari 4 orang dewasa mengalami masalah gusi atau gingivitis. Gejala pada gingivitis atau penyakit gusi adalah gusi yang membengkak dan memerah, dan mudah berdarah ketika menggosok atau melakukan flossing gigi. Tak jarang, gingivitis juga disertai gejala nyeri pada area gusi.

Jika tidak segera diatasi, penyakit gusi akan berkembang menjadi penyakit gusi stadium lanjut (periodontitis), penyebab nomor satu gigi tanggal pada orang dewasa. Tentu saja, gigi yang tanggal akan sangat mengganggu penampilan dan kesehatan.

Salah satu cara untuk mengatasi sekaligus mencegah penyakit gusi atau gingivitis adalah dengan melakukan perawatan gigi secara rutin, seperti scalling gigi.

Apa Itu Scalling Gigi dan Manfaatnya?

Penyakit gusi bisa timbul akibat penumpukan karang gigi yang berubah menjadi plak, sehingga gusi menjadi meradang. Plak gigi ini biasanya muncul pada mereka yang jarang melakukan perawatan gigi, seperti tidak menggosok gigi dan tidak melakukan flossing secara teratur. Akibatnya, bakteri menjadi menumpuk dan merusak gigi serta rahang. Solusi untuk mengatasi plak gigi adalah dengan scalling. Di mana perawatan ini dilakukan dengan alat pengikis dengan ultrasonic untuk membersihkan plak di area gigi. Adapun manfaat dari perawatan scalling, seperti:

• Menjaga kesehatan dari gusi

Dengan membersihkan karang dan plak di area gigi, maka dapat mengatasi peradangan pada gusi dan mencegah penyakit gusi lainnya.

• Mencegah bau mulut

Salah satu penyebab dari bau mulut adalah akibat adanya karang gigi yang menumpuk akibat bakteri. Dengan melakukan scalling gigi, mampu membersihkan sisa kotoran yang menumpuk, sehingga terbebas dari bau mulut.

• Warna gigi lebih cerah

Perawatan scalling dapat membuat gigi lebih cerah dengan mengangkat kotoran/karang gigi yang menyebabkan gigi kuning. Dengan perawatan ini, tentunya tak hanya menyehatkan gigi, akan tetapi juga bisa membuat gigi tampak bersih dan cerah.

• Mencegah penyakit lainnya

Gigi yang jarang dibersihkan banyak dikaitkan dengan penyakit diabetes, jantung, hingga dementia. Dengan melakukan perawatan gigi secara rutin, maka setidaknya kita dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya lainnya.

Baca juga: Cari Tempat Perawatan Gigi di Jakarta? Dental Studio KL Klinik Solusinya!

Kapan Sebaiknya Melakukan Scalling Gigi?

Menurut penuturan dari drg. Ruby Kusnadi, dokter gigi yang berpraktik di KL Klinik ini menyebutkan bahwa perawatan gigi sebaiknya dilakukan selama 3 hingga 6 bulan sekali, termasuk perawatan scalling gigi. Dengan melakukan perawatan gigi secara rutin, maka dapat mengatasi sekaligus mencegah berbagai masalah yang timbul dari gigi, termasuk penyakit gusi gingivitis. Salah satu klinik gigi yang menyediakan layanan pemeriksaan, perawatan, hingga pengobatan gigi adalah Dental Studio KL Klinik. Hadir untuk menjawab permasalahan kebutuhan pelayanan gigi Anda dan keluarga, dengan tenaga ahli dokter gigi terbaik di bidangnya serta alat modern untuk mengatasi permasalahan gigi. Selain itu, perawatan gigi di Dental Studio KL Klinik juga dilakukan oleh dokter dan perawat gigi yang akan siap membantu pertanyaan tentang berbagai masalah gigi seputar gigi. Sehingga, menjadi pelayanan lengkap untuk gigi anda serta keluarga.

Untuk melakukan perawatan gigi di Dental Studio, KL Klinik, silakan untuk menghubungi Customer Service dengan cara klik di sini!