Ukuran Kacamata Sering Berubah Bisa Jadi Gejala Katarak

04/11/2022by adminArtikel

Ukuran Kacamata Sering Berubah Bisa Jadi Gejala Katarak

04/11/2022 by admin
Ukuran-Kacamata-Sering-Berubah-Bisa-Jadi-Gejala-Katarak-1200x800.webp

Katarak merupakan gangguan mata yang cukup berbahaya. Bahkan, menurut data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan terbesar di Indonesia, dengan prevalensi angka mencapai 81% dari total kebutaan yang terjadi. Mengutip dari Mayo Clinic, katarak terjadi pada lensa mata, sehingga menimbulkan pandangan yang kabur dan membuat penderitanya kesulitan untuk membaca, berkendara, hingga melihat objek di sekitarnya. Meskipun katarak identik dengan penyakit degeneratif pada lansia. Namun, tak memungkiri katarak juga bisa terjadi pada orang dewasa di bawah umur 40 tahun.

Gejala pada katarak

Kebanyakan gejala katarak biasanya sulit untuk dideteksi pada tahap awal karena bisa muncul secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus waspada jika mulai mengalami masalah penglihatan seperti;

  • Penglihatan meredup atau kabur, seperti berkabut atau berasap
  • Sulit melihat di malam hari
  • Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Muncul penglihatan ganda
  • Penglihatan menjadi menguning

Selain gejala di atas, penderita katarak juga umumnya sering berganti ukuran kacamata. Hal ini disebabkan oleh perubahan bentuk lensa pada katarak, sehingga ukuran kacamata akan berubah-ubah seiring berkembangnya katarak. Tak jarang, penderita katarak juga mengalami peningkatan penglihatan yang jernih, sebelum akhirnya katarak berkembang menjadi lebih buruk.

Penyebab katarak

Sebagai negara yang beriklim tropis dengan paparan sinar matahari hampir sepanjang tahun, sinar yang ditimbulkan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya katarak pada beberapa orang. Lapisan ozon yang menipis membuat paparan ultraviolet mengenai mata, sehingga membuat lensa mata menjadi keruh. Lensa mata yang menjadi keruh inilah yang memicu timbulnya katarak. Selain faktor lingkungan, ada beberapa penyebab dari katarak yang harus diwaspadai, di antaranya:

  • Proses penuaan

Seiring bertambahnya usia, protein dan sel-sel mati yang ada pada lensa akan menumpuk dan membentuk gumpalan. Sehingga menimbulkan katarak.

  • Diabetes

Meningkatnya kadar gula di dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah, termasuk di area mata. Rusaknya pembuluh darah serta tingginya kadar gula dalam lensa inilah yang dapat memicu katarak.

  • Adanya trauma pada area mata

Cedera atau trauma yang terjadi pada area sekitar mata juga dapat menimbulkan munculnya katarak, seperti benturan, tusukan, atau kecelakaan.

  • Kebiasaan merokok

Merokok mengurangi aliran darah ke mata dan meningkatkan penyerapan zat beracun, sehingga dapat menyebabkan gangguan mata, termasuk katarak.

  • Akibat bawaan sejak lahir

Katarak juga bisa muncul akibat genetik atau bawaan lahir. Umumnya, bayi yang terlahir dengan katarak tidak dapat melihat dengan normal, dan kesulitan mengontrol matanya dengan benar.

Cara mencegah katarak

Meskipun tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa katarak bisa dicegah, namun beberapa pakar kesehatan menyebutkan ada beberapa cara untuk mendeteksi katarak sejak dini agar tak bertambah buruk, di antaranya dengan;

  • Melakukan pemeriksaan mata secara rutin
  • Berhenti merokok
  • Jika Anda penderita diabetes, sebaiknya lakukan pengobatan secara menyeluruh
  • Memakai kacamata ketika berada di luar ruangan, terutama siang hari
Mengenal pengobatan katarak

Meskipun berbahaya, katarak sebenarnya dapat diatasi dengan melakukan operasi, baik secara tradisional maupun dengan bantuan laser. Operasi katarak sendiri merupakan prosedur yang cukup efektif dan minim risiko untuk mengatasi katarak secara menyeluruh. Selain operasi, penggunaan kacamata khusus dan obat tetes juga umum dilakukan untuk mengatasi katarak yang belum terlalu parah.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Checkup Mata

KL Klinik, solusi pengobatan katarak di Jakarta

Poli Mata KL KLINIK menjadi solusi bagi Anda dengan masalah mata seperti katarak, glaukoma, gangguan refraksi (pandangan dekat/jauh yang buram), masalah retina, atau untuk sekedar checkup mata rutin. Poli Mata KL KLINIK menjadi salah satu klinik mata ternama di Jakarta Barat sekaligus menjadi katarak center. Operasi katarak yang dilakukan KL KLINIK dapat dikerjakan dan pasien dapat pulang ke rumah di hari yang sama, dikarenakan menggunakan teknologi alat modern dan staf yang ahli sehingga sangat aman dan nyaman untuk pasien serta pasien dapat langsung pulang ke rumah.

Untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan pada masalah katarak di Poli Mata KL Klinik, silakan untuk menghubungi admin klinik dengan cara klik di sini!

Home KL Klinik

Download Apps
KL Klinik

Donwload App Playstore Android
Download App Store iOs
Home KL Klinik

Informasi Tentang Kami








Temukan Informasi
Tentang Kami




Rekanan
Kami

Rekanan KL Klinik

(c) KL Klinik, 2022.

Open chat
1
Butuh Bantuan?
Halo 👋
Ada yang bisa kami bantu?